Mahasiswa Teknik Berprestasi | Industrial Times

0



Banda Aceh, Industrialtimes.net, Banda Aceh (28/7/2021)

 

Mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Syiah Kuala atas nama Adam SY Khulafah dan Riath Zamullana yang dibimbing oleh Haqul Baramsyah, S.T., M.Eng.Sc berhasil meraih Juara III pada ajang Micromine Competition yang diadakan pada tanggal 25 Februari – Juli 2021. Micromine Competition merupakan lomba pemodelan geologi bawah permukaan untuk eksplorasi emas menggunakan software Micromine. Ajang ini diadakan oleh Micromine, sebuah perusahaan perangkat lunak internasional yang banyak digunakan di bidang geologi dan juga pertambangan. Tujuannya ialah untuk mengukur pemahaman dan penerapan program ALS untuk universitas yang menerima lisensi Micromine serta untuk meningkatkan daya saing antar mahasiswa.

 

Peserta kompetisi adalah Mahasiswa Jurusan Teknik Geologi dan Teknik Pertambangan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dalam kegiatan ini, peserta berlomba mengolah data mentah mengenai deposit mineral di suatu lokasi dengan menerapkan pemahaman dasar geologi dan keahlian dalam menggunakan software. Data yang disajikan dalam perlombaan ini berupa data pemboran dan data geokimia permukaan. Micromine sendiri memberikan lisensi akademik kepada semua universitas yang mendelegasikan kontestan dalam upaya meningkatkan daya saing mahasiswa di bidang geologi dan pertambangan. Universitas Syiah Kuala termasuk universitas yang mendapatkan academic license micromine. Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Syiah Kuala memiliki sebuah klub yang diberi nama Micromine Club. Adapun anggotanya ialah mahasiswa Teknik Pertambangan yang belajar software tersebut dan ada juga mendapatkan pelatihan dari Jakarta.

 

Peraihan Juara III ini tentunya sangat disyukuri oleh tim USK, hal ini sekaligus melampaui tahun lalu yang hanya sampai pada babak penyisihan. Keberhasilan tahun ini tidak lepas daripada penguasaan materi yang lebih baik. Sementara itu, Juara I pertama diraih oleh Institut Teknologi Bandung dan  Juara II diraih oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta. Juara yang diraih pada tahun 2021 skalanya nasional. Bagi pemenang, berhak mewakili Indonesia ke ajang internasional. Micromine berbasis di Australia namun digunakan di seluruh dunia. Dengan pencapaian ini, tim USK tentunya memperoleh pengalaman dan kebanggaan yang tentunya memotivasi mereka untuk terus belajar dan bertekad untuk meraih hasil yang lebih baik di masa depan.

Posting Komentar

 
Top