Prestasi yang diraih oleh mahasiswa USK | Industrial Times

0



Banda Aceh, Industrialtimes.net, Banda Aceh (6/7/2021)

Teknik Industri Universitas Syiah Kuala kembali dibanggakan dengan perwakilan mahasiswa berprestasinya dalam memenangkan dua ajang kompetisi bergengsi. Ia adalah Hidayatullah, mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri angkatan 2019 berprestasi yang baru saja memenangkan dua kompetisi tersebut dalam waktu yang berdekatan. Pemuda yang juga merupakan Duta Generasi Bencana (GenRe) Putra 2020 ini bersama dengan timnya berhasil mengukir prestasi membanggakan di ajang internasional dengan memperoleh medali emas serta penghargaan special pada World Science, Environtment and Engineering Competition (WSEEC) 2021. WSEEC sendiri merupakan kompetisi bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientiests (IYSA) dan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia sebagai wadah pembelajaran untuk membina generasi muda. Kompetisi WSEEC diikuti oleh 288 tim yang berasal dari 21 negara yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Korea Selatan, Makedonia, Nigeria, Malaysia, Filipina, Puerto Riko, Turki, Hongkong, Makau, India, Rusia, Rumania, Iran, Yaman, Afrika Selatan, Vietnam, Meksiko dan Irak.

Hidayatullah bersama dengan timnya yang terdiri dari All Hafiq (Pendidikan Biologi 2019), Arif Darwisyi (Peternakan 2019), Riko (Teknik Geofisika 2019), Fazil Basri (Informatika 2019) yang dibimbing oleh Dr. Allaily S.Pt, M.Si., dosen dari Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian ini menghadirkan pembuatan lilin aroma terapi dari sarang lebah dengan menggunakan minyak buah pala yang dinamai NUTFRESH. Adapun pembuatan NUTFRESH ini nantinya diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurangi stres akibat kegiatan belajar daring (online) yang berlangsung di masa pandemi COVID-19. Pada perlombaan yang dilaksanakan secara offline di Jakarta Global dan online melalui virtual Zoom, Hidayatullah dan tim pun berhasil mempresentasikan dan mendapatkan respon yang sangat baik dari para juri.

Sementara itu, Hidayatullah juga merupakan salah satu perwakilan TIM USK, yang terdiri dari Khairurrijal (Akutansi 2019) dan Syakirullah. SM (Manajemen 2018) yang dibimbing oleh Dr. Iskandarsyah, S.E, M.M, dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala sekaligus Direktur UKM Center FEB berpartisipasi pada kegiatan Business Plan Competition Se-Sumatra tahun 2021. Dimana, lomba yang bertemakan “Peran Mahasiswa dalam Menciptakan Bisnis Pertanian di Era Revolusi Industri Dunia Digital” ini dilaksanakan bersamaan dengan webinar nasional dan Musyawarah Wilayah 1 Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia yang diadakan secara daring pada tanggal 21-26 Juni 2021.

 

Rangkaian kegiatan Business Plan Competition Se-Sumatra tahun 2021 dimulai dari seleksi abstrak yang diikuti oleh berbagai Universitas yang ada di Sumatra. Dari seleksi tersebut, terpilih 9 tim yang berhak menuju ke babak final, diantaranya Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Samudera dan Universitas Islam Riau. Peserta kemudian diharuskan untuk mengumpulkan proposal Business Plan masing-masing dan mempresentasikan ide bisnisnya di hadapan dewan juri pada hari perlombaan.

 

Hasil penilaian dari tim juri kemudian langsung diumumkan pada malam harinya. Hidayatullah dan tim berhasil memenangkan Juara II pada kegiatan Business Plan Competition tersebut dengan judul “Business Plan Pancake Bonpis (Bonggol Pisang) sebagai Inovasi Produk Kuliner dari Pemanfaatan Bonggol Pisang”. Juara I diraih oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dari Fakultas Pertanian dengan produk Bio Insektisida Plus. Sementara untuk Juara III juga kembali diraih oleh Universitas Syiah Kuala dari Fakultas Pertanian dengan produk Bolang (Boba Jamblang).

Posting Komentar

 
Top