Himpunan Mahasiwa Teknik Industri Mengadakan Seminar Nasional Tentang Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi COVID-19 | Industrial Times

0

 Webinar  “Strategi peningkatan produktivitas Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid’19”

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri



Industrialtimes.net, Banda Aceh (26/08/2020) - Himpunan Mahasiswa Teknik industri mengadakan Seminar Online Nasional dengan tema Strategi Peningkatan Produktivitas Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19, yang dibuka oleh Ketua Prodi Teknik Industri pada pukul 10.00 WIB yang diikuti oleh mahasiswa maupun masyarakat umum yang yang dilakukan via zoom (daring).

Narasumber yang hadirkan adalah Elvira F Tanjung, Ph.D dengan tema Pendidikan dan riset new normal, menjelaskan bahwa masyarakat indonesia terbiasa santai juga terlena dimana negara lain memanfaatkan hal ini untuk dapat melakukan inovasi seperti Negara Korea Selatan, yang dilakukan di sekolah saat sebelum memasuki sekolah ialah melakukan pengecekan suhu tubuh, dan menggunakan hand sanitizer. Saat memasuki kelas siswa menggunakan masker juga adanya social distancing. Sedangkan di perguruan tinggi, gedung kuliah tertutup untuk umum, serta pada daerah kampus juga memiliki hand sanitizer yang berada di depan gedung, gagang pintu, dan tempat- tempat yang memungkinkan untuk bersentuhan dengan benda disekitar, dan juga dilakukan penyemprotan disinfektan secara rutin untuk membasmi virus. Perkuliahan secara online tetap dilakukan bagi mahasiswa terdaftar yang mengambil mata kuliah, namun pada saat ujian dilakukannya secara langsung atau tatap muka dengan melakukan social distancing, dan protokol kesehatan. Mahasiswa ataupun dosen yang hendak memasuki laboratorium diharap menuliskan data diri yang bertujuan untuk melakukan pencegahan secara cepat apabila ada yang terjangkit Covid-19.

Yudi Syahrullah, S.T., M.T yaitu Dosen Prodi Teknik Industri Universitas Jendral Soedirman membahas tema Mengelola Risiko dan Memanfaatkan Peluang pada Masa Pandemi covid’19. Salah satu bahasan yang beliau bicarakan ialah tentang permintaan domestik yang turun sedangkan beban import naik hal ini terjadi saat pandemi covid-19 yang dapat menyebabkan banyak pihak yang di PHK. Beliau juga membahas tentang resiko proses pembelajaran secara online atau daring yang dimana pembalajaran daring ini kurang efektif dalam pelaksanannya seperti koneksi internet lambat, kemudian pembelajaran berubah, displin mahasiswa turun, dan materi yang disampaikan kurang jelas. Satu sisi positif yang didapat dengan melakukan proses pembelajaran secara daring atau online adalah kuliah yang lebih flexible, tersedianya pelatihan online gratis lls meningkatkan kreatifitas.

Posting Komentar

 
Top