DEMO MAHASISWA SELURUH ACEH TOLAK RUU KUHP & RUU KPK DI DPRA | Industrial Times

0
Foto : Ribuan Mahasiswa Seluruh Aceh Berkumpul di DPRA

www.industrialtimes.net,- (Banda Aceh 26/09/2019) Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa seluruh Aceh hari ini melakukan aksi penolakan RUU KPK dan RUU KUHP. Massa berkumpul di Simpang Lima Banda Aceh dan berjalan menuju titik aksi di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Dalam aksinya mahasiswa menyampaikan tuntutan mereka dihalaman gedung DPRA yang termuat dalam dua poin besar sebagai berikut.
      Terkait RUU KPK :
  • Menolak Revisi UU KPK.
  • Menolak KPK menjadi lembaga eksekutif dikarenakan akan hilangnya independensi dan semangat reformasi.
  • Menolak diaturnya dewan pengawas yang membatasi pengawalan KPK.

     Terkait RUU KUHP
  • Menolak diaturnya pasal karet tentang penghinaan terhadap presiden dan wakil presiden.
  • Meminta pemerintah pusat mengusut tuntas dan mengadili pelaku yang menyebabkan kebakaran hutan.
  • Menolak pasal 10 ayat 1 tentang cuti untuk narapidana.

Foto : Aksi Ribuan Mahasiswa Aceh di DPRA

Berdasarkan hal tersebut mahasiswa meminta DPRA Aceh untuk menghadirkan anggota DPR RI asal Aceh yang akan menjabat pada periode 2019-2024 dalam jangka waktu 24 jam. Jika tuntutan tidak dipenuhi maka mahasiswa mengancam akan menghadirkan massa yang lebih besar pada saat pelantikan DPRA di periode berikutnya.

Aksi ini dikawal ketat oleh pihak kepolisian dan berjalan dengan damai tanpa ada kericuhan yang terjadi. Menanggapi aspirasi mahasiswa, wakil ketua DPRA Teuku Irwan Johan mengatakan aksi yang dilakukan mahasiswa tersebut menunjukkan kepedulian mahasiswa Aceh terhadap kondisi terkini yang sedang terjadi di Negara kita dan menganggap permintaan mahasiswa sangat rasional. Mahasiswa mulai membubarkan diri setelah aspirasinya didengarkan oleh DPRA dan berjanji akan memenuhi permintaan para mahasiswa. (MFZ)

Posting Komentar

 
Top