Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Tepung Antidiabetes Dari Buah Tanjung | Industrial Times

0

(Gambar: Foto Kelompok Tim PKM-P)

Banda Aceh, industrialtimes.net,- Tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Bidang Penelitian menciptakan tepung antidiabetes dengan memanfaatkan buah yang berasal dari tanaman tanjung. Mereka merupakan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang diketuai oleh Rahmatun Maula berasal dari jurusan Teknik Kimia angkatan 2015, beranggotakan Nurhaliza berasal dari jurusan Teknik Kimia angkatan 2015 dan Nurlaila dari jurusan Teknologi Hasil Pertanian angkatan 2017, yang di bimbing oleh dosen Teknik Kimia yang bernama Dr. Ir. Yanna Syamsuddin, M.Sc. 

Tim PKM-P ini membuat tepung dari buah tanjung yang aman untuk dikonsumsi hal ini dikarenakan  dalam buah tanjung tersebut memiliki senyawa flavonoid  dengan kadar yang sangat tinggi. Senyawa flanovoid ini sendiri bisa mengikat gula darah yang berada pada tubuh manusia sehingga bisa membuat tubuh manusia terhindar dari gula ddarah yang berlebihan. Tanaman tanjung juga di kenal oleh masyarakat sebagai obat herbal alami dan sangat banyak di jumpai di sekitar kita misalnya di pekarangan rumah, rumah sakit, sekolah dan kampus serta di sepanjang jalan di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Pada saat ini buah tanjung hanya menjadi limbah di area pohon tanjung dan belum dimanfaatkan secara baik. Dengan keberadaan senyawa flavonoid dalam buah tanjung berpotensi untuk diolah menjadi produk yang lebih bermanfaat dan juga berguna untuk masyarakat. 

Dengan melihat potensi yang ada pada buah tanjung tim PKM-P ini memiliki ide untuk menciptakan tepung antidiabetes dari buah tanjung tersebut. Kemudian tepung tersebut dianalisis kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar protein dan karbohidrat. Sementara ektrak buah tanjung dianalisis senyawa flavonoid menggunakan spektrofotometer UV-Vis.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top