Memahami Konsep Halal Pada Pengendalian dan Penjaminan Mutu Produk | Industrial Times

0
Foto Bersama Pemateri, Wakil Dekan III Fakultas Teknik, dan Dosen Teknik Industri Unsyiah (20/5) (Sumber: Siti Hamidah)


Banda Aceh, Industrialtime.net,- Program Studi Teknik Industri Unsyiah mengadakan kuliah tamu pada Senin (20/5). Acara ini dihadiri oleh Mahasiswa/i dan dosen Teknik Industri Unsyiah. Kegiatan berlangsung di Balai Kerukon, Fakultas Teknik Unsyiah diisi oleh Deni Candra, S.T., M.T.

Deni Candra, S.T., M.T merupakan Sekertaris Lembaga Pengkaji Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik  (LPPOM) MPU Aceh sebagai pemateri dengan tema yang diangkat pada kuliah tamu kali ini adalah Produk Halal : “Titik Kritis Kehalalan Bahan”.

Dalam pembahasannya, beliau menjelaskan bahwa produk halal tidak hanya ditinjau dari bahan bakunya saja seperti bahan baku hewani dan nabati akan tetapi proses pengolahan, bahan tambahan dan alat yang digunakan juga akan menentukan status halal suatu produk. Hal inilah yang menjadi titik kritis kehalalan suatu bahan, yang apabila bahan dasarnya halal namun pada prosesnya terdapat unsur najis maka produk tersebut sudah tidak dapat dikatakan sebagai produk halal. Beliau juga menghimbau agar selalu mengecek apakah terdapat logo halal Majelis Ulama Islam (MUI) pada produk yang hendak kita pakai atau kita konsumsi sehari-hari.

Kuliah tamu ini nantinya diharapkan agar mahasiswa khususnya teknik industri dapat membagi wawasan akan permasalahan halal yang masih sering menjadi perdebatan di kalangan masyarakat khususnya di Aceh yang bermayoritas penduduknya adalah muslim.

Mahasiswa teknik industri sendiri nantinya dapat memegang peran penting karena Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin baru saja meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). BPJPH menjadi salah satu unit Eselon I di Kementerian Agama dimana akan menjadi peluang besar bagi lulusan teknik industri yang telah mempelajari ilmu pengendalian dan penjaminan mutu produk. (SH)

Posting Komentar

 
Top