Mahasiswa Unsyiah Ciptakan GALANTAS, Game Terkini Anak Indonesia | Industrial Times

0
Interface GALANTAS (Game Lalu Lintas) (Ilustrasi : Namira Risza Pasya)

Banda Aceh, industrialtimes.net,- Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala berhasil ciptakan GALANTAS berupa Game Lalu Lintas yang berguna  untuk memberi pengetahuan sejak dini kepada anak di bawah umur mengenai rambu dan marka lalu lintas. Adapun tim GALANTAS terdiri atas Ikhlasul Amal, Ihza Azizul Hakim, Namira Risza Pasya, dan Rona Salsabila Hatta dalam mengikuti Program Kreativitas Masyarakat bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

Tata cara permainan GALANTAS berbasis aturan yang ada di dunia nyata, seperti apabila si pemain berhenti di “marka kuning” maka harus dimasukkan ke dalam penjara. Dari permainan ini tampak untuk mempertegas si pemain bahwa di dunia nyata, si pengendara DILARANG BERHENTI di “marka kuning”.

Ilustrasi Rambu Lalu Lintas ( Ilustrasi : Namira Risza Pasya)

Permainian ini terdiri dari 4 pion, 1 dadu beserta tempatnya, 1 lembar yang berisi tata cara bermain disertai kunci jawaban dari pertanyaan, kartu Razia, dan kartu Keselamatan. Dengan desain semenarik mungkin sehingga anak-anak menyukainya. Walaupun ditujukan pada anak-anak, game ini juga bisa dimainkan oleh orang dewasa sebagi penambah wawasan.

GALANTAS diciptakan juga untuk mengalihkan perhatian anak-anak agar beralih dari gadget ke permainan tradisional. Sehingga permainan ini mampu memberikan ilmu pengetahuan sekaligus menambah nilai sosial anak terhadap sekitar.

Press Realease : Namira Risza Pasya
Editor : Yustia Novita Prasetia Ningurum

Posting Komentar

 
Top