Fasilitasi Mahasiswa untuk Memilih, BEM Unsyiah Gelar Sosialisasi Pindah Memilih Pemilu 2019 | Industrial Times

0
Gambar: Ilustrasi Pindah Memilih, Sumber: malangtoday.net)


Banda Aceh, industrialtimes.net,- Menjelang pelaksanaan pemilu pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019, BEM Unsyiah bekerjasama dengan KIP Banda Aceh gelar “sosialisasi pindah memilih pemilu 2019”. Sosialisasi ini dilakukan pada Selasa (05/03) di Ruang Kaca Lt.2 Gelanggang Mahasiswa Unsyiah.

Menurut Deci Aryani selaku panitia kegiatan menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi ini terdiri dari dua rangkaian acara yaitu acara sosialisasi dan pengurusan permohonan untuk mendapatkan form A5 sebagai syarat pindah memilih. Acara ini diikuti oleh lebih dari 120 mahasiswa Unsyiah dan untuk pengurusan form A5 lebih dari 600 mahasiswa yang mengikuti.

Tujuan dari pelaksanaan acara ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa luar domisili yang tidak dapat mengikuti pemilu 17 April mendatang di kampung halamannya. Harapannya setelah diadakan acara ini, angka golput berkurang karena mahasiswa dapat menyalurkan hak pillihnya di tempat domisili saat ini.

Acara sosialisasi ini menjadi sangat penting karena dengan adanya acara ini mahasiswa menjadi lebih tau bahwa memilih pada saat pemilu tidak harus pulang ke daerah asal, tetapi dapat dilaksankana di tempat tinggal saat ini. Kebanyakan mahasiswa tidak dapat pulang ke kampung halamannya saat pelaksanaan pemilu karena alasaan pendidikan, jadi sosialisasi dan pengurusan form A5 ini sangat penting. Adapun sosialisasi pindah memilih ini disampaikan oleh dua pemateri yaitu Dr. M. Gaussyah, S.H., M.H. yang merupakan wakil Dekan III Fakultas Hukum dan Yusri Razali, S.Pd selaku ketua Divisi Sosialisasi, Sumberdaya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (PERMAS) KIP Banda Aceh. [SAH]

Posting Komentar

 
Top