Catat! Inilah 10 Kegiatan dan Kompetisi Mahasiswa yang Wajib Kamu Ketahui | Industrial Times

0

(Gambar: Logo Kemenristek Dikti, Sumber: https://ristekdikti.go.id/logo/)


Banda Aceh, www.industrialtimes.net,- KEMENRISTEK DIKTI memiliki beberapa kegiatan dan kompetisi untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Mengetahui lebih dini tentang kegiatan dan kompetisi bergengsi yang diselenggaran KEMENRISTEK DIKTI dapat membantumu mempersiapkan diri secara matang untuk mengikutinya. Berikut ini adalah beberapa kegiatan dan kompetisi bergengsi yang wajib diketahui mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya selama kuliah.

1.      Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM)
PKM merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti untuk memberi ruang bagi para Mahasiswa menunjukkan kreativitas ilmu pengetahuan melalui berbagai bidang. PKM memiliki 7 bidang yaitu PKM-Penelitian, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Kewirausahaan, PKM-Teknologi, PKM-Karsa Cipta, PKM-Gagasan Tertulis serta PKM-Artikel Ilmiah. Bagi proposal pengajuan yang dinilai layak selanjutnya akan diberikan pendanaan antara 3-12,5 Juta sesuai dengan bidang dan penilaian dari Dikti. Setelah tahap pendanaan selanjutnya akan ada evaluasi, bagi tim yang dinilai layak maka selanjutnya akan berkompetisi di Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS).

2.      Musabawah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional
Musabaqah Tilawatil Qur’an adalah bidang lomba membaca Al-Qur’an dengan bacaan mujawwad, yaitu bacaan Al-Qur’an yang mengandung nilai ilmu membaca (tajwid), seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca. (Via http://mtqmn14.ui.ac.id.)

3.      Mahasiswa Berprestasi (Mawapres)

Pemilihan mahasiswa berprestasi telah dimulai sejak tahun 1986 yang dalam pelaksanaannya mengalami pasang surut termasuk pergantian nama atau istilah. Penggunaan istilah pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dimulai tahun 2004 dan sejak tahun itu dapat diselenggarakan setiap tahun dengan kualitas yang
terus ditingkatkan.

 

4.      Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (On-MIPA)

Dalam rangka peningkatan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa bidang MIPA, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT)

 

5.      Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNas)

6.      Program Hibah Bina Desa (PHBD)
7.      National University Debating Championship (NUDC)
8.      Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI)
9.      Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT)
10.  Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT)
Program PPBT merupakan skema pendanaan untuk startup teknologi, Inkubasi bisnis merupakan suatu proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan yang diberikan oleh lembaga incubator kepada tenannya.Oleh karenanya, program PPBT diharapkan mampu untuk meningkatkan daya saing perusahaan pemula berbasis teknologi di Indonesia, sehingga mampu bertahan dan berkembang di pasar domestik ataupun global. [SAH]

                        https://inspiratorfreak.com/perusahaan-pemula-berbasis-teknologi/

Posting Komentar

 
Top