Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Pemekat Jus Buah Jamblang dengan Teknologi Membran | Industrial Times

0

(Foto Tim PKM-P, Sumber: Release Amalia Fadzlina)

Banda Aceh, www.industrialtimes.net,- Mahasiswa Tim PKM-Penelitian Universitas Syiah Kuala membuat pemekatan jus buah jamblang dengan teknologi membran untuk recovery antioksidan. Tim ini terdiri dari 3 orang, yaitu Agung Aulia Winata (Jurusan Teknik Kimia) sebagai ketua tim, Amalia Fazlina (Jurusan Teknik Kimia), dan Merna Yulia (Jurusan Teknologi Hasil Pertanian). 

Jamblang atau biasa disebut boh jambee kleng oleh masyarakat Aceh merupakan salah satu jenis buah langka. Tanaman jamblang biasa nya berbuah antara bulan juni hingga januari. Di Aceh, khususnya di kabupaten Aceh Besar buah jamblang banyak tumbuh dibeberap kecamatan antara lain kecamatan Jantho, Krueng Raya, Leupung, dan Ujung Pancu.

Agung mengatakan bahwa “buah jamblang merupakan salah satu tanaman yang langka namun jika pada musimnya, buah ini sangat banyak tumbuh di Aceh dapat dilihat banyaknya masyarakat menjajakan buah jamblang sebagai barang jualan”. Didalam penelitian ini terlebih dahulu buah jamblang dibersihkan dan dipisahkan daging buah dari biji nya. Kemudian daging buah yang telah dipisahkan tersebut diblender sehingga didapatkan slurry

(Gambar: Jus Buah Jamblang,Sumber: Release Amalia Fadzlina)

(Gambar: Pemisahan Jus Buah Jamblang dari Ampas, Sumber: Release Amalia Fadzlina)

Jus buah jamblang yang telah diperoleh akan disaring untuk memisahkan cairan jus buah jamblang dengan ampas buah. Setelah terpisah, jus buah jamblang dipekatkan dengan menggunakan teknologi membran yaitu pemekatan pertama dengan membran ultrafiltrasi dan kemudian dilanjutkan dengan membran nanofiltrasi.

“Inovasi pemekatan jus buah jamblang menggunakan membran karena aplikasi membran yang dapat digunakan dalam suhu ruangan sehingga dapat mempertahankan warna jus dan tidak merusak zat antioksidan”

(Gambar:Proses Pemekatan dengan Teknologi Membran, Sumber: Release Amalia Fadzlina)


Hasil dari pemekatan tersebut digunakan untuk recovery antioksidan yakni dipisahkanya air yang membuat konsentrasi kandungan antioksidan dalam jus buah jamblang akan meningkat. “buah jamblang mengandung zat antioksidan yang berperan penting sebagai penanggkal radikal bebas. Dalam 100 ml jus buah jamblang memiliki aktivitas antioksidan setara dengan 75 mg vitamin C”.

Ia juga berharap bahwa “penelitian ini dapat digunakan dalam pembuatan sirup jamblang yang biasanya di dalam pembuatan sirup untuk menghilangkan kadar air menggunakan penguapan sehingga dapat mengurangii intensitas warna dari jus ini saat di panaskan, serta juga diharapkan dapat menigkatkan nilai ekonomis dari buah jamblang”. Kemudian TIM PKM-P ini akan melaksakan monev eksternal pada tanggal 13-14 Juli 2018 di lingkungan kampus Universitas Syiah Kuala.

Sumber: Press Release Amalia Fadzlina)

Posting Komentar

 
Top