Mahasiswa KKN PPM Unsyiah Lakukan Penyuluhan Pembuatan Produk Anti-Serangga Cair | Industrial Times

0


(Gambar: Foto Kegiatan Penyuluhan Pembuatan Produk Anti-Serangga Cair, Sumber: Kiriman Press Release Muhammad Meilian)

Banda Aceh, Industrialtimes.net- Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu penunjang kelulusan mahasiswa dalam memperoleh gelar Sarjana. Pada dasarnya, KKN ini terdiri dari beberapa jenis yang salah satunya yaitu KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat). 

Di gampong Layeun, Kecamatan Leupung, kelompok mahasiswa KKN PPM-02 yang beranggotakan 32 orang mahasiswa dan berasal dari 5 Fakultas yang berbeda yakni Fakultas Teknik, Pertanian, MIPA, Kedokteran serta Fakultas Hukum, melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang cara pembuatan produk anti-serangga cair dengan menggunakan bahan alami berupa serai. Penyuluhan ini sendiri dilaksanakan pada, Senin (9/7) di Polindes yang dihadiri oleh warga gampong Layeun. Muhammad Meilian yang merupakan mahasiswa dari Teknik Kimia, Universitas Syiah Kuala selaku pengusul kegiatan menyatakan anti-serangga cair mudah untuk dibuat.

“Anti-serangga cair ini dapat dibuat dengan mudah yaitu dengan cara menghaluskan batang serai, kemudian direndam dalam botol yang berisi air minimal selama 24 jam”, jelas Meilian.

(Gambar: Produk Anti-Serangga Cair, Sumber: Kiriman Press Release Muhammad Meilian)

Tidak hanya melakukan penyuluhan saja, melainkan juga masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN PPM-02. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat gampong Layeun mampu menumbuhkan kreatifitasnya sehingga dapat membuat suatu produk anti-serangga cair dan produk lainnya secara mandiri.

Sumber  : Kiriman Press Release Muhammad Meilian
Editor     : Munira Silvia/Fariz Aulia Alzi

Posting Komentar

 
Top