Mahasiswa Teknik Kimia Unsyiah Kenalkan Pengawet Organik dan Teknik Pengemasan di Gampong Pulot | Industrial Times

0

(Gambar: Foto Bersama Mahasiswa Kelompok PKM-M dengan Masyarakat, Sumber: Nur Haliza)

Banda Aceh, www.industrialtimes.net,- Mahasiswa Teknik Kimia Unsyiah yang tergabung dalam kelompok PKM-M adakan kegiatan demonstrasi penggunaan asap cair sebagai pengawet organik dan teknik pengemasan yang baik. Kegiatan ini dilaksanakan pada (28/05) di Gampong Pulot, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

Sosisalisasi ini dilakukan oleh kelompok PKM-M yang dibimbing oleh Prof Ir. Sri Aprilia MT ini diketuai oleh Nurhaliza dan 4 anggotanya yaitu Rozzana, Fauzi, Ihsan dan Muhammad Gian Fickron serta Muhammad Naufal Alya. Sosialisasi kepada masyarakat Gampong Pulot membahas mengenai pentingnya menjaga kehieginisan pada makanan.

Adanya penambahan asap cair dan pengemasan yang baik akan membuat ikan asin menjadi lebih tahan lama dan terhindar dari mikroorganisme penyebab penyakit seperti lalat dikarenakan cairan yang berasal dari uap hasil pembakaran kayu dan tempurung ini mengandung antibakteri. Oleh karena itu, kelompok PKM-M ini mempraktikkan secara langsung proses penggunaan asap cair serta mengajarkan teknik pengemasan ikan asin kepada masyarakat Gampong Pulot yang berprofesi sebagai pedagang ikan asin. Selain itu, kelompok PKM-M ini juga memberikan 4 unit hand sealer dan beberapa plastik kemasan serta sticker kepada masyarakat.

Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk mengubah pola pikir masyarakat Gampong Pulot yang rata-rata berprofesi sebagai pedagang ikan asin agar lebih peduli dalam menjaga kebersihan dan kehigienisan makanan terutama pada ikan asin. Hal tersebut dikarenakan ikan asin yang selama ini dijual dalam keadaan terbuka serta lokasi tempat berjualan berada dipinggir jalan, sehingga debu-debu menempel dan lalat berdatangan menyebabkan ikan asin menjadi kurang hiegienis.

“Semoga kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat seperti ini akan terus berlanjut dan saya juga berharap akan ada kegiatan-kegiatan berikutnya yang bermanfaat seperti ini, kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa unsyiah yang telah mengadakan program ini, jarang-jarang ada mahasiswa yang mau peduli dengan masyarakat seperti kami ini.” Ujar Sinta salah satu pedagang ikan asin.

Sumber: Press Release kiriman Nur Haliza
Editor   : Satria Arif Hidayat

Posting Komentar

 
Top