Berat Badan Melonjak Pasca Lebaran dan Libur Panjang? Lakukan Ini untuk Menurunkannya | Industrial Times

0

(Gambar: Ilustrasi Berat Badan Naik, Sumber Gambar: Tribunnews.com)

Banda Aceh, www.industrialtimes.net,- Berat badan menjadi salah satu masalah yang sering dihapadi pasca lebaran ataupun pasca libur panjang. Biasanya berat badan cenderung naik akibat terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan dan cemilan tanpa diimbangi oleh aktivitas olahraga ataupun bisa saja disebabkan oleh faktor lain yang dapat berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Tidak heran apabila banyak orang yang mengalami peningkatan berat badan setelah lebaran dan libur panjang lantaran mengonsumsi makanan dan cemilan secara berlebih. Namun tidak perlu khawatir jika kamu mengalami peningkatan berat badan pasca lebaran dan libur panjang, kamu bisa mengembalikan berat badan seperti semula dengan mengikuti beberapa tips berikut:
1.      Perbanyak Konsumsi Air Putih
Tips diet sehat yang paling umum dan ampuh untuk semua orang adalah mengonsumsi lebih banyak air putih. Air putih akan membantu tubuh mengeluarkan berbagai zat tidak penting dari tubuh melalui urine maupun keringat dan juga bisa mengatasi rasa lapar. Terkadang saat tubuh merasakan lapar hal tersebut bukan berarti kamu membutuhkan asupan makanan. Akan tetapi, dengan minum air putih pun kamu bisa menghilangkan rasa lapar sejenak. Meskipun air putih dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk diet, akan tetapi perlu diingat bahwa konsumsi air putih tidak terlalu berlebih.

2.      Tinggalkan Kue Lebaran
Sah-sah saja mengonsumsi kue lebaran sepuasnya baik itu sebelum maupun setelah hari raya, tapi agar tidak menyesal di kemudian hari coba tertibkan diri dan menahan diri dari godaan kue lebaran yang masih tersisa di meja makan setelah lebaran.

3.      Perbanyak Konsumsi Sayuran
Kurangi makanan yang mengandung lemak, terlebih lagi cemilan ringan dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Kamu bisa membuat banyak variasi makanan agar tidak bosan memakan sayur dan buah. Sayur dan buah yang mengandung serat tinggi akan membantu proses pencernaan sehingga tubuh lebih mudah melakukan metabolisme.

4.      Ganti Minuman Soda dengan Jus
Jika kamu merasa haus dan ingin mengonsumsi minuman segar, usahakan untuk menahan diri meminum soda. Mengonsumsi jus buah segar tentunya akan lebih bermanfaat untuk diet sehat dan tentunya akan membuat tubuhmu menjadi lebih bugar.

5.      Hindari Kopi Bergula
Jika kamu terbiasa mengonsumsi kopi di pagi hari rasanya akan sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Sebagai alternatifnya kamu bisa memilih kopi yang sehat untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya dengan memastikan kopi yang dikonsumsi tidak mengandung gula yang tinggi dan krim yang memberikan rasa manis di minuman tersebut.

6.      Berolahraga Secara Rutin
Selama bulan ramadhan, lebaran dan liburan berolahraga biasanya menjadi aktivitas yang jarang dilakukan. Nah, untuk mengembalikan berat badan menjadi ideal lagi, hal yang paling penting yang dapat kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, cukup lakukan olahraga ringan secara rutin. [AM]

Sumber : Diolah dari berbagai sumber 
Editor   : Munira Silvia

Posting Komentar

 
Top