Monopoli Bencana: Sosialisasi Bencana Ala Mahasiswa Unsyiah | Industrial Times

0
(Gambar: Foto Bersama Kegiatan Sosisalisasi Monopoli Bencana (MONCA) untuk Penyandang Disabilitas Netra di Gampong Ladong, Sumber: Press Release Kiriman Kiki Setiawan)


Banda Aceh, www.industrialtimes.net,- Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) selenggarakan sosialisasi mitigasi bencana. Pelaksanaan sosialisasi ini dilangsungkan di UPTD Rumoh Sejahtra Beujroh Meukarya (RSBM), Gampong Ladong, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengajak penyandang disabilitas netra untuk berpartisipasi aktif dalam upaya-upaya penanggulangan bencana.

Program PKM-M Monca yang didanai oleh Kemenristek Dikti ini memiliki tiga sub-program, yaitu: perancangan buku saku mitigasi bencana khusus dengan tulisan braille, perancangan permainan Monopoli Bencana (MONCA) yang dilengkapi braille, serta pelaksanaan sosialisasi. Buku dan alat bermain MONCA yang telah selesai dirakit nantinya akan diserahkan kepada pengurus UPTD RSBM untuk digunakan kembali dalam sesi edukasi mitigasi bencana lainnya.

Kegiatan ini terdiri atas dua tahapan inti, yaitu sosialisasi dan permainan Monca. Diharapkan, kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat, terutama penyandang disabilitas tuna netra, mengenai pentingnya pengetahuan tentang upaya-upaya pengurangan risiko bencana. Belum adanya program khusus mengenai mitigasi bencana terhadap penyandang disabilitas netra menjadi dasar dari pelaksanaan kegiatan ini. Padahal, penyandang disabilitas netra termasuk kelompok masyarakat yang rentan menjadi korban bencana.

Tim PKM-M Monca (Monopoli Bencana) ini diketuai oleh Dessy Maharani (Teknik Sipil 2014) dan tiga anggotanya yaitu Devi Arhami Putri (Pendidikan Matematika 2014), Sry Audian Ansari (Pendidikan Dokter 2015), dan Kiki Setiawan (Teknik Sipil 2016) yang dibimbing oleh Dr. Ir. Mochammad Afifuddin, M.Eng. [SAH]
Sumber: Press Release Kiriman Kiki Setiawan

Posting Komentar

 
Top