Inovatif, Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Sirup Dari Buah Keranji | Industrial Times

0

(Foto: Mahasiswa Unsyiah melaksanakan Kegiatan Bersama Masyarakat Desa Aneuk Paya, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Sumber foto: Lisna Wahyuni )


Banda Aceh, Industrialtimes.net- Sebagai salah satu bentuk dukungan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai seorang mahasiswa harusnya, memang dapat dicontohkan dari ke lima mahasiswa/i ini yaitu maulizar mch, lisna Wahyuni, Andesta Yulanda, Rahmi Safitri rimzal, dan Erda sari umaya. Bagaimana tidak, mahasiswa/i unsiyah ini memberikan kreativitasnya ataupun inovatif terbaru yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh kita, mahasiswa/i ini memberikan inovatif atau ide terbaru, yaitu membuat sirup dari buah Keranji (booh ceuradih) yang di beri nama SERLI (sirup sehat praktis dan alami), melalui proposal program kreativitas mahasiswa (PPKM) ini mereka di berikan kesempatan dalam menjalankan salah satu ide yang kreatif dari ke 62 proposal yang didanai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Walaupun buah Keranji ini tergolong mahal, akan tetapi langkah yang di ambil mahasiswa/i unsiyah ini adalah selalu optimis, berkat dukungan dana dari DIKTI.
Buah keranji adalah buah musiman yang memiliki masa panen dua kali dalam setahun, Buah keranji memiliki manfaat yang baik terutama untuk kesehatan. Diantaranya dapat menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh, serta obat pada gusi berdarah, sariawan dan sakit mencret.


                    Foto: mahasiswa sedang melakukan demonstrasi pembuatan sirup kepada masyarakat Desa Aneuk Paya.


Mengolah buah keranji menjadi SERLI (Sirup Sehat, Praktis Dan Alami) merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomis buah keranji.

Foto : Produk SERLI (Sirup Sehat, Praktis dan Alami) dari Buah Keranji
Dengan adanya program kreaktivitas mahasiswa ini diharapkan mampu membantu masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengolah buah keranji menjadi sirup sehingga menjadi sumber pendapatan baru untuk masyarakat yang ada di Desa Aneuk Paya Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar itu.

“Mukharuddin selaku keuchik gampong desa aneuk paya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat memberikan inovasi Atau peluang baru untuk masyarakat yang ada di desa ini yaitu dengan memproduksi buah lokal menjadi lebih bernilai ekonomis dan saya sangat senang kegiatan ini bisa dilakukan. Sehingga kedepannya menjadikan desa ini sebagai desa pertama yg memproduksi sirup dari Buah keranji ini.

“Mina Salah satu warga yg mengikuti kegiatan ini mengatkan bahwa saya akan melanjutkan kegiatan ini dengan menjual sirup ini untuk mengembangkan usaha saya sebagai penjual keranji sekaligus dengan mengembangkan desa ini untuk lebih maju dengan mengenalkan sirup lokal ini, imbuhnya.

Sumber : Lisna Wahyuni
Editor    : Fariz Aulia Alzi

Posting Komentar

 
Top