Cara Ampuh Agar Tidak Terlambat Bangun Ketika Sahur | Industrial Times

0
(Gambar: Ilustrasi Sahur, Sumber Gambar: www.rayapos.com)


Banda Aceh, www.industrialtimes.net,- Berdasarkan hasil sidang Isbat ditetapkan oleh pemerintah bahwa hari pertama menjalankan ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah akan dilaksanakan mulai (17/05). Pada awal pelaksanaan puasa, bagi beberapa orang bangun sahur tepat waktu menjadi persoalan karena tidak terbiasa bangun pada dini hari. Sahur menjadi waktu penting untuk mengisi supply energi untuk menjalankan ibadah puasa. Apabila waktu sahur terlewat, maka tubuh tidak mendapat supply makanan dan minuman sehingga akan menyebabkan tubuh menjadi lemas. Berdasarkan kondisi tersebut, ini adalah cara yang dapat dilakukan agar tidak terlambat bangun ketika sahur.

1.     Niatkan untuk Bangun Sahur
Niat untuk bangun sahur yang ditanamkan dalam benak menjadi suatu hal yang sangat penting kamu lakukan agar kamu tidak terlambat bangun sahur. Karena ketika kamu tidak memiliki niat untuk bangun ketika sahur, maka kamu akan merasa malas untuk bangun dan bahkan meskipun kamu bangun cenderung akan menunda-nunda untuk segera bergegas dari tempat tidurmu sehingga bisa saja kamu terlambat bangun untuk sahur.

2.     Hindari Kelelahan
Kelelahan dapat terjadi ketika memiliki segudang aktivitas yang tidak diimbangi oleh waktu istirahat dan kebutuhan tubuh. Apabila kamu mengalami kelelahan biasanya kamu akan tidur menjadi lebih pulas, sehingga untuk menyiasati hal tersebut usahakanlah agar kami tidak melakukan hal-hal yang bersifat melelahkan, beraktivitaslah sewajarnya.

3.     Atur Porsi Makan Ketika Berbuka Puasa
Porsi makan ketika berbuka puasa menjadi salah satu hal yang patut kamu pertimbangkan, sebab porsi makan dapat mempengaruhi waktu tidurmu. Apabila kamu memakan makanan dengan jumlah yang berlebihan bisa saja hal ini akan membuatmu tertidur pulas, sedangkan apabila kamu makan terlalu sedikit maka hal ini bisa menyebabkanmu merasa lapar ketika tidur, sehingga kamu tidak bisa tidur dengan nyaman. Oleh karena ini makanlah makanan ketika berbuka puasa secukupnya saja.

4.     Tidur Lebih Cepat
Agar kamu dapat bangun di waktu sahur, cara ini perlu kamu lakukan agar waktu istirahatmu cukup. Dengan waktu istirahat yang cukup, maka kondisi ini akan menghindarkan kamu pada kondisi mengantuk dan malas untuk beranjak dari kamar tidurmu.

5.     Pasang Alarm Berulang
Kalau kamu hanya memasang alarm sekali, bisa saja kamu akan melewatkan waktu tersebut baik itu dikarenakan kamu tidak merespon ataupun karena kamu mematikan alarm tersebut. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi kamu harus memasang alarm sebanyak mungkin agar kamu tidak melawatkan waktu sahurmu.

6.     Pilih Nada Alarm Bernada Tinggi
Nada alarm yang bernada tinggi juga menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar tidak terlambat bangun di waktu sahur. Apabila kamu memilih nada alarm yang bernada slowly bisa jadi kamu malah tidur nyenyak, maka dari itu pilihlah nada alarm bernada tinggi agar ketika alarm menyala kamu dapat mendengarnya lebih baik.

7.     Minta Dibangunkan Teman
Cara ini menjadi salah satu cara yang wajib kamu coba apabila tinggal di kost-kostan ataupun asrama. Ketika alarm tidak dapat membuatmu bangun, maka cara ini menjadi penyelamat agar kamu tetap bangun di waktu sahur. Tentunya kamu harus meminta tolong kepada temanmu sebelum tidur, akan tetapi jika temanmu baik mungkin saja kamu akan dibangunkan olehnya baik itu karena peduli ataupun karena suara alarmmu yang menganggunya.[SAH]

Posting Komentar

 
Top