Pengumuman Pendaftaran Beasiswa PPA 2018 | Industrial Times

0
(Gambar: Pengumuman Pendaftaran Beasiswa PPA 2018, Sumber: http://kemahasiswaan.unsyiah.ac.id/berita-beasiswa/beasiswa-ppa-tahun-2018)


Banda Aceh, www.industrialtimes.net- Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) merupakan beasiswa tahunan yang didanai oleh pemerintah dan disalurkan melalui KEMENRISTEK DIKTI. Setiap tahunnya pendaftaran Beasiswa PPA dilakukan di perguruan tinggi dari masing-masing pendaftar. Berdasarkan surat pengumuman Nomor: 2446 /UN11/KM/2018 yang dipublikasikan oleh http://kemahasiswaan.unsyiah.ac.id pada Jum’at (06/04), pendaftaran online Beasiswa PPA di Unsyiah sudah dapat dilakukan sejak 06-21 April 2018.

Melansir dari pengumuman, dinyatakan bahwa syarat sebagai calon penerima Beasiswa PPA tahun 2018 dengan ketentuan sebagai berikut:
1.Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00
2.Diutamakan yang memiliki piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko- kurikuler dan atau ekstra kurikuler (jika memiliki);
3.Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima atau dalam proses pengusulan beasiswa/tunjangan ikatan dinas dari sumber lain manapun.
4.a. Bagimahasiswaprogram S1 Minimal menduduki semester II dan maksimalsemester VIII.
b.Bagi mahasiswa program DiplomaIII minimalmendudukisemester II dan maksimal semester VI.
5.Periode Januari s/d Desember2018 belum dapat menyelesaikan studi dan tidak mengambil cuti akademik.

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan:
1. Mendaftar pada alamat URL http://www.beasiswa.unsyiah.ac.id/. Akses ini hanya boleh diakses oleh mahasiswa aktif. Validasi login disingkronkan dengan data login mahasiswa pada sistem akademik. Panduan Sistem Informasi Pengusulan Beasiswa dapat diunduh di Website: http://kemahasiswaan.unsyiah.ac.id.

2. Proses cetak halaman pengusulan beasiswa dapat dilakukan dengan mengklik ikon Halaman cetak ini diharapkan dapat dilampirkan pada map pengusulan beasiswa beserta dengan semua berkas kelengkapan yang harus diserahkan oleh mahasiswa kepada Kepala Subbagian kemahasiswaan dan Alumni di fakultas masing-masing. Tanpa lembar cetak tersebut, berkas pengusulan ditolak oleh bagian kemahasiswaan dan alumni, karena mahasiswa tersebut tidak melakukan pendaftaran pengusulan beasiswa secara online.

Bahan-bahan kelengkapan administrasi (diambil di Fakultas masing-masing) yang perlu dilampirkan atas nama masing-masing calon penerima dalam rangkap satu terdiri dari:
1.Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);
2.Fotokopi Kartu Hasil Studi (KHS) yang telah dilegalisasi oleh pihak berwenang, semester ganjiltahun akademik 2017/2018.
3.Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler (jika memiliki).
4.Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan dari sumber APBN/APBD (terlampir).
5.Surat Keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja bagi TNI/POLRI/PNS/Swasta dan bagi orang tuanya sebagai petani dan lainnya Surat Keterangan penghasilan orangtua dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah dimana orang tuanya berdomisili.
6.Surat Permohonan Beasiswa.
7.Fotokopi KRSsemester genap tahun akademik 2017/2018.
8.Fotokopi halaman depan Buku Tabungan atau Rekening Koran KTM Bank BNI bagi yang sudah ada, dan bagi yang belum ada tabungan BNI akan dibuka secara kolektif oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni setelah penetapan (SK Rektor).
9. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) orang tua;

Editor: Satria Arif Hidayat

Posting Komentar

 
Top