Menilik Pengalaman Pertama Tim Malem Diwa Unsyiah di Kompetisi Internasional | Industrial Times

0
(Gambar: Tim Malem Diwa Unsyiah, Sumber: instagram @malemdiwa_unsyiah)
Banda Aceh, www.industrialtimes.net- Mobil Tim Malem Diwa Fakultas Teknik Unsyiah untuk pertama kalinya mengikuti kompetisi internasional Shell Eco Marathon Asia yang diselenggarakan di Singapura pada 8-11/Maret. Kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Shell dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa dan mahasiswa ini dikuti oleh beberapa tim dari berbagai negara di Asia seperti Pakistan, Arab Saudi, Jepang, Korea selatan, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia serta Negara lainnya di kawasan asia. Mobil listrik yang diberi nama Malem Diwa Urban R.2.0 ini bertarung pada kategori mobil listrik urban dan berhasil bertengger di posisi ke 8 setelah bersaing dengan 25 tim lainnya dari berbagai negara.

Agung Saputra selaku manager tim mengatakan bahwa Ini merupakan pengalaman pertama Tim Malem Diwa mengikuti kompetisi internasional setelah pada beberapa tahun sebelumnya mengikuti KMHE di tingkat nasional. Pengalaman yang didapat sungguh luar biasa dan alhmadulillah hasilnya cukup memuaskan. Banyak pelajaran yang kita ambil dari kompetisi ini untuk dibawa pulang ke Aceh dan dikembangkan lagi, pada tahun pertama ini kami pelajari dulu apa yang dibuat dari negara-negara lain seperti Korea dan China serta menjadi motivasi tim untuk kedepannya.

Sebelum Tim Malem Diwa berhasil menduduki peringkat ke 8 di perolehan hasil akhir, mobil ini telah berhasil melewati 12 technical inspection. Tidak semua mobil diizinkan untuk beraspal di lintasan Shell Eco Marathon, ada 80 tim yang mengikuti kompetisi ini dari berbagai kategori, namun tidak semuanya diizinkan apabila tidak dapat melewati beberapa technical inspection. Technical inspection ini berfungsi untuk meninjau kembali apakah mobil yang diikutsertakan sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan penyelenggara yang mana keselamatan pengemudi dan penonton menjadi pokok utama pada regulasi yang telah ditetapkan.


Berdasarkan data yang diunggah di media sosial BEM Fakultas Teknik Unsyiah, Tim Malem Diwa yang didampingi oleh dosen pembimbing yaitu M. Tajuddin, S.T., M.Eng. Sc ini membawa 9 mahasiswa yang tergabung dalam tim untuk mengikuti kompetisi ini yaitu Agung Saputra sebagai Manager Tim (Teknik Mesin 2015), M. Reza Arief sebagai penanggung jawab Div. Transmisi (Teknik Mesin 2015), Teuku Muhayathsyah sebagai penanggung jawab Non-Technical (Teknik Elektro 2015), M. Aziz Maulana sebagai penanggung jawab Desain (Teknik Mesin 2013), Rizal Saputra, M sebagai penanggung jawab Div. Body Manufacturing (Teknik Mesin 2013). Wahyu, M. Fadli Damanik sebagai Co. Driver (Teknik Mesin 2014), Amirul Mukminin sebagai penanggung jawab Div. Electrical (Teknik Elektro 2013), dan Rahmadi sebagai penanggung jawab Div. Manufacturing (Teknik Mesin 2016). [SAH] 

Posting Komentar

 
Top