Segera Bersiap, Pengunggahan PKM 2017/2018 Akan Segera dibuka | Industrial Times

0
(Gambar: Ilustrasi PKM 2017/2018, Sumber: baak.umk.ac.id)
2018 Akan Segera dibuka

Banda Aceh, www.industrialtimes.net- Pada surat edaran yang di tanda tangani oleh Direktur Kemahasiswaan KEMENRISTEK DIKTI yaitu Didin Wahidin tertuju ke Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta Koordinator Kopertis Wilayah I s.d XIV disampaikan informasi tentang pemberitahuan pembukaan layanan pengunggahan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2017 di SIMBelmawa.
"Bersama ini diberitahukan bahwa kami sedang melakukan revisi Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2017 yang direncanakan akan dipublikasikan pada tanggal 25 September 2017. Layanan pengunggahan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2017 akan dibuka mulai tanggal 01 s.d 30 November 2017."

Program PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh KEMENRISTEK DIKTI (Kementrian Riset Teknologi Perguruan Tinggi) guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. Mengutip dari buku panduan PKM, secara umum PKM bertujuan untuk meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, dan mandiri. Meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta memperkaya kesenian nasional.

Berikut ini adalah jenis proposal PKM yang dapat diajukan pada rentang waktu tersebut yaitu:
1. PKMP (Penelitian)
2. PKMK (Kewirausahaan)
3. PKMM (Pengabdian Masyarakat)
4. PKMT (Teknologi)
5. PKMKC (Karsa Cipta)                 

Adapun tahapan dalam kegiatan PKM adalah sebagai berikut
1.  Penguslan proposal
2.  Desk evaluasi dan penetapan proposal yang didanai
3.  Pelaksanaan dan pelaporan
4.  Monitoring dan evaluasi
5.  PIMNAS

Semua tipe PKM mensyaratkan ide kreatif mahasiswa sebagai salah satu unsur penilaian utamanya. Panduan PKM 2017 dapat kamu download di sini. [SAH]

Sumber referensi         : belmawa.ristekdikti.go.id


Posting Komentar

 
Top