Menjawab Pertanyaan Masa Depan Industri Tambang, HMTP Unsyiah Gelar Seminar Nasional | Industrial Times

0
Suasana Seminar Nasional Masa Depan Industri Pertambangan Indonesia di Gedung AAC Sultan II Selim Banda Aceh (30/9) (Foto: Satria Arif Hidayat)

Banda Aceh, Industrialtimes.net - Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Unsyiah telah menyelenggarakan seminar nasional pada Sabtu (30/9). Berlangsung di ACC Sultan II Selim Banda Aceh, acara ini dihadiri oleh 270 peserta dari berbagai kalangan.

Seminar ini bertema "Masa Depan Industri Pertambangan Indonesia". Tema tersebut diangkat mengingat adanya regulasi pemerintahan yang semakin ketat untuk perusahaan besar. Apakah regulasi tersebut berdampak pada ketatnya peraturan pada proses penambangan yang semakin canggih.

Acara ini menghadirkan Gubernur Aceh Dr. Kapt. Deh. H. Irwandi Yusuf, M. Sc. sebagai keynote Speaker. Selain itu, Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) selaku pemateri juga turut hadir memaparkan tentang persiapan calon insinyur tambang yang kompeten dan siap bersaing di era padat teknologi. Tidak hanya dari PERHAPI, PT semen Indonesia Aceh, PT Timah (Persero), Tbk., PT Bukit Asam (Persero), Tbk., dan PT Mifa Bersaudara juga turut diundang sebagai pemateri yang memberikan sejumlah ilmu yang sangat bermanfaat. Kegiatan ini mendapat banyak pandangan yang positif dari peserta yang hadir.

Menurut Syafdarul Achyar, selaku Ketua Panitia, poin terpenting yang dapat disimpulkan dari hasil seminar tersebut adalah suatu perusahaan pertambangan besar tidak perlu hanya memikirkan profit yang besar untuk menguntungkan suatu pihak tertentu. Akan tetapi perusaan tersebut harus memikirkan aspek kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar, sosial, dan yang lebih penting adalah masalah lingkungan yang tercemar harus diminimalisir.  

Terakhir, Ia juga berharap agar seluruh peserta yang hadir mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat tentang pertambangan dari beberapa pemateri yang hadir pada acara itu.

"Harapan saya, semoga seluruh peserta yang hadir mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat tentang pertambangan dari beberapa pemateri yang ahli pada bidangnya." Tutupnya. [SB]

Editor: Munira Silvia/Gita Aulia Sinaga

Posting Komentar

 
Top