Inilah Acara Unggulan UKM Cendekia Unsyiah | Industrial Times

0

Gambar: Photo Bersama Finalis LKTIN
(Sumber: Panitia Dokumentasi)

Banda Aceh, www.industrialtimes.net- Mahasiswa Unsyiah yang tergabung dalam (Unit Kegiatan Mahasiswa) Cendekia Unsyiah melenggarakan kegiatan unggulannya yaitu URF (Unsyiah Research Festival). Acara ini berlangsung sejak (13/10) ditandai dengan dilaksanakannya seminar nasional dan pembukaan acara secara resmi oleh Wakil Rektor IV Unsyiah.

Adapun rangkaian utama kegiatan URF yang mengusung tema “Colours Up Global By Innovation Science Project To Scale Commercial.” ini adalah LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional), Youth Summit, dan Seminar Nasional.

Pada pelaksanaan agenda pertama yaitu Seminar Nasional, kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta pendaftar seminar, tamu undangan, peserta dari Youth Summit, dan peserta LKTIN mengikuti acara yang menghadirkan empat pembicara utama yaitu Dr. Mahfud Al Huda, M.Eng (Kepala Laboratorium DELPHI), Muhammad Nur (Direktur WALHI Aceh), Dr. Syaifullah Muhammad, ST. M.Eng (Direktur Atsiri Research Center dan CCIS Unsyiah).

Setelah melewati rangkaian seleksi pada lomba karya tulis ilmiah, pada akhirnya 10 tim terbaik dari berbagai universitas menyambangi Unsyiah untuk memaparkan hasil karyanya. Pada pemaparan hasil karyanya, finalis LKTI ini ditantang dengan waktu presentasi yang ditentukan oleh lemparan dadu. Selain itu, para finalis juga ditantang kreativitasnya dengan sesi Rafting Inovation yaitu dimana para peserta diberikan pilihan kotak hitam (black box) yang mana isinya tidak diketahui oleh para peserta dan peserta dituntut untuk memanfaatkan peralatan yang ada untuk menunjang presentasinya yang juga menjadi salah satu penilaian untuk menentukan pemenang.

AA. Sutadi Saputra yang juga merupakan salah satu finalis dari Universitas Diponegoro juga mengaku bahwa ia juga tertantang dengan rangkaian penilaian LKTIN yang diselenggarakan pada URF, menurutnya ini adalah suatu hal yang baru baginya dalam mengikuti lomba karya tulis ilmiah.


Selain itu, pada URF juga mengadakan Youth Summit yang merupakan acara pertemuan dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran dari SUMBAGUT (Zona Sumatra bagian Utara). Adapun yang menjadi agenda utama dari Youth Summit ini adalah penandatanganan MoU antara lembaga mahasiswa yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran di zona SUMBAGUT dengan MITI (Masyarkat Ilmuan Teknologi Indonesia). [SAH]

Posting Komentar

 
Top