Kabupaten Pidie Selenggarakan Pra-PORA Arung Jeram Aceh 2017 | Industrial Times

0
Ilustrasi  Pra-PORA Arung Jeram Aceh 2017

Sigli, Industrialtimes.net – Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) cabang arung jeram yang diikuti 20 tim dari 13 kabupaten/kota telah resmi dibuka, Senin (18/9). Even yang dibuka langsung oleh Roni Ahmad selaku Bupati Pidie ini dilselenggarakan di aliran sungai Geumpang Gampong Lutueng Kecamatan Mane.

Pra-PORA arung jeram yang yang diikuti oleh Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Bener Meriah, Abdya, dan Gayo Luwes ini terdiri dari 13 tim putra dan 7 tim putri. 

Samsul Bahri selaku ketua KONI Pidie mengatakan bahwa Pra-PORA ini merupakan lomba Arung Jerang R6 dimana satu tim terdiri dari 6 orang termasuk kapten tim, baik putra maupun putri.

“Terpilihnya Pidie sebagai tuan rumah arung jeram untuk memperkenalkan aliran sungai di Mane yang nantinya dapat menjadi lokasi wisata. Selain itu, aliran sungai tersebut juga sangat strategis untuk diadakannya even seperti ini,” tambahnya.

Bertindak sebagai ketua panitia, Hasballah menjelaskan Arung jeram merupakan olahraga yang sangat ekstrem dimana peserta harus mampu melawan arus sungai dan bebatuan dengan menggunakan media boat karet, dayung, kayak, dan kano. 

 “Oleh karena itu dibutuhkan nyali yang besar dan kekompakan tim dalam melintasi berbagai rintangannya. Namun, Keselamatan juga harus menjadi prioritas utama dan paling penting bagi setiap peserta,” tegasnya. 

Nantinya cabang tersebut akan memperebutkan peringkat 8 besar PORA 2018 di Aceh Besar dengan nomor lomba yang dipertandingkan meliputi sprint, slalom, head to head, down river dan race yang para pemenangnya akan mewakil Aceh pada ajang PON (Pekan Olahraga NAsional) di Kalimantan Timur. (MS)

Editor : Fariz Aulia Alzi

Posting Komentar

 
Top