0
Gambar maskot PIMNAS 2017
(Sumber: pimnas30.umi.ac.id

Nagan Raya, Industialtimes.net- Pada pengumuman penetapan peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 Tahun 2017, Unsyiah berhasil menyumbangkan sembilan tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di PIMNAS. Berdasarkan data pengumuman tersebut, Unsyiah meloloskan tim terbanyak dibandingkan perguruan tinggi lainnya yang ada di Sumatera, sedangkan secara nasional UGM berhasil meloloskan tim PKM terbanyak yaitu 31 kelompok PKM.

Berdasarkan pers release pada situs resminya, dikti menyatakan bahwa “Dalam PIMNAS 2017 kali ini posisi tiga besar diraih oleh tiga perguruan tinggi yaitu UGM, IPB, dan Universitas Brawijaya. Ketiganya berhasil meloloskan tim PKM dalam jumlah terbanyak yang sama yaitu sebanyak 31 tim.”

Pada tahun ini, PIMNAS akan di ikuti oleh 420 tim dari 89 perguruan tinggi yang ada di indonesia. PIMNAS tahun ini akan diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI Makassar) tanggal 23 s.d 28 agustus 2017.

Dari sembilan tim PKM unsyiah, enam diantaranya berasal dari Fakultas Teknik (FT), dua dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan satu dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).
Berikut ini sembilan peserta dari tim PKM unsyiah:
1.    Bima Sakti, (PKMKC) ROPO: Robot Pointer Sebagai Penunjuk Jalan Tim Sar dalam Pencarian Korban Bencana.
2.    Muhammad Maulana, (PKMM) Tsunami Survivor: Upaya Pemantapan Mitigasi Bencana Tsunami Pasca 12 Tahun Tsunami Aceh pada Anak-anak Tingkat Sekolah Dasar Gampong Lampaseh.
3.    Putri Mutia Hapsari, (PKMM) Peranan Masyarakat dalam Pengembangan Geowisata Karst di Daerah Gua.
4.    Karmila, (PKMPE) Isolasi dan Karakteristik Nanoserat Menggunakan Hidrolisa Asam dengan Penambahan Katalis Ferric Chloride (FeCl3).
5.    Fivan Afdha Pramesthy, (PKMPE) Pembuatan Asam Sunti Bubuk Menggunakan Spray Dryer Dan Tray Dryer.
6.    Laura Vadzla H, (PKME) Identifikasi Lapisan Air Tanah Setelah 11 Tahun Tsunami Aceh Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.
7.    Syifa Urrachmah, (PKMM) Sosialisasi Penggunaan KOMBIRA (Komputer Berbicara) dengan Menggunakan Program Jaws pada SISTURA (Siswa Tuna Netra) melalui BIMKEL (Bimbingan Kelompok) di Sekolah Luar Biasa Labui.
8.    Yuliana Rizki, (PKMPSH) Pengembangan Media DUMATARI (Modul Pemahaman Diri Tentang Karir) Sebagai Media Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMA.
9.    Puti Atika, (PKMPSH) Analisis Personal Financial Literacy Mahasiswa dalam Meramalkan Jumlah Pengeluaran Menggunakan Metode Exponential Smoothing (Studi Kasus: Universitas Syiah Kuala, Kota Banda Aceh). [HA]


Editor: Satria Arif Hidayat

Posting Komentar

 
Top