0
Foto Bersama Mahasiswa Teknik Geologi Unsyiah Dengan Masyarakat Desa Cot
(Sumber : Dokumentasi Panitia)

Banda Aceh, Industrialtimes.net- Peran dan kedudukan mahasiswa di tengah masyarakat dalam menyandang sebuah predikat pendidikan paling tinggi merupakan salah satu upaya yang harus di capai untuk memperoleh legalitas dalam dunia akademik. Selain itu, mahasiswa juga harus menunjukkan kapasitasnya kepada masyarakat agar dapat membawa perubahan kearah  yangpositif. 

Guna menjawab peran aktif keberadaan mahasiswa, para mahasiswa dari Teknik Geologi Unsyiah yang diketuai oleh Putri Mutia Hapsari serta beranggotakan empat orang yakni Irvan Patria Yolanda, M. Yasir, T.M. Noefran, dan Raudhatul Jannah menyelenggarakan  sosialisasi dengan kegiatan PKM-M  di desa Cot, kecamatan Muara Tiga. Dibawah bimbingan dosen bapak Ibnu Rusydy, S.Si, M.Sc, sosialisasi mengusung visi yakni pengembangan potensi geowisata karst gua 7 berbasis kemasyarakatan. 

Adapun sebelum dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Potensi Geowisata kepada warga desa yang nantinya akan dihadiri oleh kurang lebih 40 orang peserta. Terlebih dahulu, pada hari Kamis (15/6), dilaksanakan pemasangan invertarisasi berupa papan informasi gua, papan petunjuk arah menuju gua, dan spanduk himbauan di sekitar gua 7. Kegiatan ini dilaksanakan secara gotong-royong antar pemuda desa setempat dengan mahasiswa Teknik Geologi Unsyiah. 

Kawasan karst gua 7 (Guha Tujoh) Laweung cukup potensial apabila dilakukan pengembangan dan pengelolaan oleh masyarakat setempat sehingga dapat terwujud geowisata berbasis kemasyarakatan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Dengan dilakukannya kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan serta wawasan kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan teknik kebumian tentang geowisata berbasis kemasyarakatan yang ada di Aceh. Selain itu kawasan ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang berkaitan dengan potensi alam dan geowisata” ujar Putri. 
 
Selama kegiatan ini berlangsung, para peserta yang terdiri dari pemuda gampong mengungkapkaan harapannya agar kegiatan pengembangan geowisata ini tidak hanya berhenti sampai disini saja.

"Semoga  menjadi suatu moment yang tepat dalam pembangunan kawasan Karst gua 7 (Guha Tujoh) yang benar-benar menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat luas", ujar salah satu peserta.
Selain pemasangan atribut disekitar gua, juga dilakukan penyerahan stand banner kepada pihak kecamatan Muara Tiga, “Terimakasih kepada mahasiswa Teknik Geologi Unsyiah yang telah memberikan informasi kepada masyarakat khususnya tentang potensi geowisata yang terdapat di gua 7 ini, kami sangat mendukung kegiatan ini, dari kami selaku pejabat desa juga ingin mengembangkan kawasan tersebut mungkin kedepannya akan kita bangun jalan yang lebih memadai untuk menuju ke gua 7 tersebut. Serta akan kita bangun sarana MCK untuk penunjang pengembangan kawasan tersebut”, tutur Fahmi S.STP, M.Si selaku Camat Muara Tiga.

Sumber : Pers Release Mahasiswa Teknik Geologi Unsyiah

Posting Komentar

 
Top