0
Photo brsama kegiatan Workshop
(Sumber: Kominfo HMTI)
Banda Aceh, www.industrialtimes.net- Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Unsyiah melalui divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) melaksanakan salah satu programnya yaitu kegiatan Workshop PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) pada Sabtu (03/06). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri Dr. Iskandar S.T., M.Eng.Sc. dan diisi oleh Marwan, S.Si, M.T. sebagai pemateri yang merupakan Pembina Program Kreativitas Mahasiswa Unsyiah. Acara ini bertempat di Ruang Seminar Lt.2 Gelanggang Mahasiswa Unsyiah dan dihadiri oleh perwakilan dosen dan mahasiswa Teknik Industri dari angkatan 2013 hingga 2016.

Marwan selaku pemateri mengatakan “Dengan antusias mahasiswa teknik Industri pada hari ini, saya merasa sangat tersanjung.” Secara tidak langsung hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa sadar mengenai perannya bukan hanya sekedar fokus pada aktivitas kuliahnya untuk berpartisipasi pada kegiatan seperti ini (Red-kegiatan workshop PKM) tambahnya. Karena pada intinya program mahasiswa ini juga sangat mendukung untuk meningkatkan kualitas universitas. Ia juga menghimbau agar mahasiswa harus berani berkreativitas dan berpartispasi pada setiap kesempatan yang ada.

ia berharap agar setelah adanya workshop ini akan terlaksana pembuatan proposal yang baik. Ia menuturkan bahwa keuntungan mengikuti PKM ini adalah melatih mahasiswa untuk bekerjasama dalam berkarya, sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan setiap kesempatan yang ada “Karena banyak saya lihat program-program yang dibuat oleh dikti DIKTI kadang kala mahasiswa tidak tahu.” pungkasnya mengakhiri.

Senada dengan himbauan pemateri, Ketua HMTI Unsyiah M. Naufal Mahardika mengajak agar mahasiswa lebih berpartisipasi dan lebih percaya diri lagi untuk mengikuti berbagai kompetisi, apalagi program studi Teknik Industri mempelajari multi disiplin ilmu. Kedepannya dari himpunan akan mengadakan pelatihan PKM lanjutan dan akan dibentuk tim dari seluruh mahasiswa Teknik Industri yang akan dikordinir oleh divisi PSDM. Dari pihak himpunan akan membantu proses pengajuan pendaftaran PKM, ia juga menegaskan agar mahasiswa jangan merasa takut untuk berkompetisi.

Menangapi hal tersebut, Ilyas selaku Sekertaris Program Studi Teknik Industri berharap agar kedepannya program pengembangan ini jangan dianggap sebagai tekanan dan perlu disadari bahwa pengembangan kreativitas mahasiswa ini memberikan nilai positif bagi individu dan untuk program studi. Untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa, Ia berencana setelah acara ini untuk merumuskan hal tersebut antara pihak program studi dengan HMTI. [SAH]


Posting Komentar

 
Top