0

Ilustrasi Sahur
Sumber: mulpix.com

Banda Aceh, www.industrialtimes.net- Puasa di bulan Ramadhan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang sudah baligh. Kemudian, sebelum melaksanakan ibadah puasa disunahkan untuk melaksanakan sahur. Sahur secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kegiatan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dilakukan pada waktu dini hari sebelum berpuasa dengan batasan waktu yang disebut imsyak. Meskipun sahur bukanlah suatu hal yang diwajibkan, akan tetapi sahur adalah suatu hal yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mensuplai energi dan kebutuhan tubuh selama menunaikan ibadah puasa. Oleh sebab itu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar waktu sahur tidak terlewatkan begitu saja.

1.    Niatkan untuk Bangun Sahur
Niat merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum dan menjelang tidur. Dengan adanya niat ataupun keinginan untuk bangun pada waktu dini hari atau sebelum imsyak, maka hal tersebut akan mensugesti kamu agar bangun ketika sahur.

2.    Pasang alarm berulang
Jika kamu susah bangun, maka langkah kongkrit yang dapat dilakukan adalah dengan memasang alarm yang berulang dengan rentang waktu tertentu. Cara ini dilakukan agar apabila kamu tidak bangun pada bunyi alarm pertama, kamu akan terbangun oleh bunyi alarm berikutnya.

3.    Pilih Nada Alarm yang Tepat
Nada alarm dan volume juga harus diperhatikan, dengan memilih nada alarm yang tepat maka akan memudahkanmu untuk bangun tidur ketika alarm menyala. Sebagai contoh, kamu dapat memilih nada yang kamu sukai ataupun nada yang kamu tidak sukai sehingga kamu terbangun ketikan mendengar bunyi tersebut.

4.    Segera Bangun Ketika Alarm Menyala
Hal buruk yang sering dilakukan ketika mendengar bunyi alarm adalah mensenyapkan bunyi tersebut dan melanjutkan tidur kembali. Hal ini merupakan hal yang harus kamu hindari agar tidak melwatkan waktu sahur.

5.    Tidur lebih awal
Tubuh manusia membutuhkan tidur untuk beristirahat, tidur lebih awal akan membuatmu bangun lebih awal juga. Kamu bisa menentukan jadwal kapan kamu harus tidur dan berapa lama durasinya.

6.    Hindari Makan Berlebih Menjelang Tidur
Makan secara berlebihan dapat membuat kamu mengantuk dan malas untuk beraktivitas, biasanya setelah mengkonsumsi secara berlebihan cenderung akan membuatmu susah untuk bangun tidur.

7.    Minta Bantuan Untuk Dibangunkan
Jika kamu tinggal di kost, maka mintalah bantuan dari temanmu untuk membangunkanmu, dan jika kamu tinggal di rumah bersama keluarga maka mintalah bantuan untuk membangunkanmu untuk sahur.

8.    Menyiapkan Makanan Sebelum Tidur
Jika kamu menyiapkan makanan sebelum sahur, maka kamu akan merasa berat hati jika kamu melewatkan waktu sahur begitu saja. Selain itu, menyiapkan makanan sebelum sahur dapat meringankan kegiatanmu ketika bangun tidur untuk sahur. [SAH]

Posting Komentar

 
Top