0

Delegasi Unsyiah dari Mahasiswa Teknik Pertambangan di Ajang Sriwijaya Minning Games

Banda Aceh, Industrialtimes.net – Perhelatan Sriwijaya Mining Games ternyata membawa berkah bagi mahasiswa Teknik Pertambangan Unsyiah. Pasalnya dari delapan delegasi yang ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut berhasil, mahasiswa teknik pertambangan unsyiah mampu membawa pulang 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Adapun medali emas berhasil diraih di cabang lomba teknik pendulangan, medali perak di cabang lomba teknik peledakan bawah tanah, dan medali perunggu di cabang lomba teknik peledakan lereng.

Kedelapan delegasi Unsyiah tersebut diwakili oleh M. Ridho Abdillah, Phonna Agam Meutuah, Arjun Bara Kusuma, Ferdian Sahputra, M. Ikram Rhy N, M. Kahfi Adrian, Siti Syariffah Zahra, dan Inggrid Syagori Pane. Meski mengaku sempat pesimis, tapi akhirnya mereka mampu membanggakan Unsyiah, dan khususnya Fakultas Teknik.

Tak hanya meraih 3 medali sekaligus, Unsyiah juga berada pada peringkat ke 4 nasional. “Sebenarnya nyaris menyabet juara 3 karena perolehan medalinya sama dengan Universitas Trisakti, tapi kami kalah 4 poin.” Tutur Phonna, salah satu delegasi tersebut.

Phonna mengaku menghadapi beberapa kendala pada saat mengikuti perlombaan tersebut. Di antaranya ketidak sesuaian antara materi yang diterima dengan praktik saat mengikuti lomba. Tapi dengan semangat tim, akhirnya mereka mampu mengatasi hal tersebut dan keluar sebagai pemenang.

“Ada beberapa kendala yang kami hadapi yaitu dalam hal penggunaan alat, misalnya tidak sesuai dengan yang diajarkan. Juga ada beberapa hal di luar perkiraan, jadi di sana kami mencoba mengatasi bersama tim”. Ujar Phonna.

Phonna juga menambahkan, mereka mendapatkan pelajaran yang sangat berharga selama mengikuti perlombaan, yaitu tentang kerjasama tim.

“Pelajaran yang paling berharga yang bisa diambil dari sana adalah bahwa kita harus terus belajar, jangan menyerah, tetap fokus pada tujuan, rilex dalam mengikuti lomba dan yang paling penting adalah kerja sama tim”. Ucapnya.

Terakhir, harapan mereka ke depan adalah Teknik Pertambangan Unsyiah lebih berprestasi pada kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan teknik pertambangan.


“Kedepannya kami berharap teknik pertambangan tetap fokus pada kegiatan-kegiatan atau event-event yang berkenaan dengan teknik pertambangan dan  lebih berprestasi dari ini. Jadi ada peningkatan dari sebelum-sebelumnya” Tutupnya.

Sriwijaya Mining Games sendiri merupakan acara dwi tahunan yang diikuti oleh seluruh universitas yang ada di Indonesia. Acara ini berlangsung selama 4 hari, dimulai dari 24-27 April 2017 bertempat di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan. [GAS/HA]

Editor : Fariz Aulia Alzi

Posting Komentar

 
Top