0

Screenshoot Tampilan ETD (Electronic Thesis and Dissertation)  Unsyiah


Banda Aceh, Industrial Times.net- Dalam rentang waktu seminggu setelah adanya perbaikan kualitas layanan ETD (Electronic Thesis and Dissertation), angka kunjungan ke ETD Unsyiah langsung melonjak tinggi. Padahal, sebelum dilakukan perbaikan, biasanya jumlah kunjungan dalam setiap harinya hanya mencapai 17.000 page view, namun setelah perbaikan dalam waktu satu minggu belakangan ini jumlah kunjungan menjadi 22.000 page view per hari. Selain kunjungan ETD yang meningkat dan tampilan web yang lebih baru, page persesion juga turut meningkat. Hal ini ditunjukkan dari catatan statistik yang menunjukkan page sesion meningkat dari yang biasanya hanya 5 halaman menjadi 7 halaman.

Perlu diketahui, Electronic Thesis and Dissertation (ETD) sendiri merupakan sebuah portal yang berfungsi sebagai sarana mahasiswa Unsyiah untuk mengupload dan menyimpan tugas akhir, skripsi, thesis, dan disertasi. Sehingga fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencari dan melihat karya ilmiah secara online. Sejak diluncurkan tahun 2013, ETD Unsyiah  yang juga bisa diakses untuk khalayak umum ini juga telah mengalami beberapa kali pengembangan, yakni dari awalnya bentuk pelayanan diberikan dalam bentuk pdf, kemudian dilanjutkan dalam bentuk file JPEG dengan tingkat Security yang lebih baik, dan versi terakhir dalam bentuk portal. Selanjutnya, sejak tahun 2015 karena melihat adanya potensi dari lokal content yang memberikan income untuk perpustakaan dengan jumlah pengujungnya yang yang tinggi, akhirnya dipasanglah adsense.

Berdasarkan catatan statistik UPT Perpustakaan, pengunjung ETD tertinggi adalah dari Indonesia dengan persentase 98,31%, Malaysia sebanyak 29 pengunjung, dan Singapore sebanyak 8 pengunjung. Diharapkan dengan adanya ETD ini, perbaikan pelayanan secara terus menerus dapat menjadi sumber referensi yang baik terutama untuk mahasiswa Unsyiah. 

Menurut Taufiq Abdul Gani selaku Kepala UPT Perpustakaan, bila dibandingkan dengan universitas lain yang ada di Indonesia, ETD Unsyiah memiliki spesiality bisa diakses melalui mobile phone, sehingga memberikan kemudahan dalam mengakses di mana saja untuk melihat dan membaca secara online. 

"Tidak banyak universitas yang menggunakan fasilitas seperti ini, meskipun baru namun fasilitas yang tersedia tidak kalah dengan fasilitas di ETD yang sudah ada di universitas terkemuka lainnya" ujarnya.

"Harapannya juga terutama untuk mahasiswa-mahasiswa yang akan membuat tugas akhir agar dalam mencari inspirasi dapat mengembangkan kembali apa yang sudah diupload di ETD Unsyiah.” Tutupnya ketika diwawancarai di ruang kerja. (AM)

Editor : Fariz Aulia Alzi

Posting Komentar

 
Top