0
Dugaan Kasus Penipuan yang Mengatasnamakan Dekan FT (Foto: ilustrasi)

Banda Aceh, Industrialtimes.net – Dugaan modus penipuan mengatasnamakan Dekan Fakultas Teknik Unsyiah, Mirza Irwansyah, kembali terjadi. Kali ini yang menjadi korban adalah sejumlah alumni FT 2017. Penipuan tersebut berkedok “undangan Rakornas: pengembangan karir, SDM & Orientasi masa depan untuk kiat menembus dunia di era MEA”.

Salah satu saksi yang berhasil kami wawancarai adalah Ega Prijusti Siagian, salah seorang alumni Teknik Industri. Pesan tersebut dikirim melalui SMS ke nomor Ega (9/4). Setelah itu, ia meminta saksi untuk menghubungi bagian keuangan Dikti untuk melaporkan nomor register yang ia berikan. Saksi diiming-imingi akan mendapat akomodasi sebesar lima juta rupiah dari Kemenristekdikti atas kegiatan tersebut. Di mana menurut pesan tersebut, kegiatan akan dilaksanakan pada 13-14 April 2017 di Hotel Ibis, Jakarta.

Namun ketika Ega mencoba membalas pesan tersebut, tidak ada respon sama sekali.
"Sebelumnya memang sudah tidak yakin, tapi ada coba balas 'Assalamualaikum' dan tidak ada respon sama sekali." Tuturnya.

Berdasarkan keterangan Ega, hal serupa juga terjadi pada alumni jurusan lain di FT. Namun menurutnya ada indikasi  pihak yang mencari keuntungan, sebab ada permasalahan uang yang terdapat dalam pesan tersebut.

Terkait hal tersebut, Ega berharap agar pihak yang diatasnamakan (pihak dekanan) harus segera tau dan segera memberikan statement atau tindakan terkait SMS berantai tersebut. Ia juga berharap adanya kejelasan mengenai kebenaran isi pesan tersebut. Jika benar penipuan, maka ini adalah tindak kriminal yang harus segera ditangani.

"Saya berharap ada kejelasan sebenarnya siapa orang di balik SMS tersebut. Apa memang benar ada kegiatan tersebut tapi ada segelintir orang yang sengaja menyebarkannya dengan maksud bercanda, atau malah memang ada pihak-pihak tertentu yang mencari keuntungan." Tutupnya. [GAS]

Posting Komentar

 
Top