0
Tim  Sedang Melakukan Uji Coba Terhadap Kemampuan Ie Dhit 1.0 

Banda Aceh, Industrialtimes.net- Mahasiswa fakultas teknik kembali meluncurkan karyanya. Kali ini mahasiwa dari program studi teknik mesin menciptakan suatu alat yang berguna untuk masyarakat. Alat ini bernama “Ie Dhit 1.0” yang merupakan alat pemrosesan air kurang bersih menjadi air yang layak pakai. Alat tersebut dinamai oleh rektor Unsyiah langsung dan berasal dari bahasa Aceh Besar yang berarti air bersih.

Awal mula terciptanya Ie Dhit 1.0 didasari oleh kepekaan perasaan oleh mahasiswa akan kesulitan masyarakat memperoleh air bersih pasca bencana gempa bumi yang terjadi di Pidie Jaya beberapa bulan lalu. Oleh karena itu, buah karya mahasiswa teknik mesin ini pun hadir untuk membantu mengatasi permasalahan kebutuhan air layak pakai bagi masyarakat Pidie Jaya khususnya.

Adapun untuk mekanisme kerjanya pun sangat sederhana, warga hanya perlu memasukkan air ke dalam alat tersebut, lalu air tersebut akan melalui proses Filterisasi sehingga menjadi air yang layak dipakai untuk berbagai keperluan masyarakat.

Dalam pembuatannya juga, Ie Dhit 1.0  langsung dibina oleh dosen teknik mesin Unsyiah yaitu Ir. Tadjuddin, M.T dan Dr. Zahrul Fuadi, S.T., M.Sc, dengan keterlibatan beberapa mahasiwa teknik mesin yang telah terpilih untuk mengikuti proyek pembuatan alat tersebut.

“Dengan adanya alat ini kami berharap semoga warga Pidie Jaya yang memiliki kendala dalam memperoleh air bersih bisa terbantu, kami juga berharap setiap inovasi yang kami munculkan akan membuat mahasiswa-mahasiswa lain untuk terus berkarya menciptakan produk yang bermanfaat bagi masyarakat”, ujar Adir, salah satu anggota tim pembuatan Ie Dhit 1.0.


Mahasiswa dari tim pembuatan Ie Dhit 1.0 juga menuturkan harapan mereka kepada pemerintah agar memperhatikan pengembangan alat tersebut, sehingga bisa dibagikan ke seluruh masyarakat yang membutuhkan. [MJ]

Editor : Fariz Aulia Alzi

Posting Komentar

 
Top