0
Foto Bersama Panitia dan Pemenang i-SAT VI Regional Sigli 

Banda Aceh, Industrialtimes.net - Mahasiswa Teknik Industri Universitas Syiah Kuala yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) kembali melaksanakan program rutin tahunanya, yaitu Industrial Science Art and Talent (i-SAT). Acara ini bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa-siswi SMA yang ada di Aceh sekaligus memperkenalkan Teknik Industri di Aceh. Acara ini dilaksanakan di empat daerah dan berlangsung sejak tanggal 2 Maret 2017 di Meulaboh, 6 Maret di Lhokseumawe 8 Maret di Sigli, dan selanjutnya di Banda Aceh akan dilaksanakan pada tanggal 20 Maret di Fakultas Teknik Unsyiah. Pada kegiatan ini ada beberapa lomba yang digelar pada i-SAT VI, yaitu lomba Inovasi Produk, Cerdas Cermat, Fotografi, Essay, dan Debat Bahasa Inggris.

Daya tarik i-SAT ini terletak pada cabang lomba Inovasi Produk. Lomba ini menitikberatkan agar siswa dan siswi dapat memunculkan bakat tersendiri di bidang inovasi untuk mengembangkan produk yang ada. Mereka dituntut untuk mengembangkan produk yang ada menjadi produk yang berguna di masa yang akan datang. Sedangkan pembeda pelaksanaan acara tahun ini dan tahun lalu adalah pada penambahan cabang lomba, yaitu adanya lomba debat bahasa inggris. Lomba ini dilaksanakan karena melihat banyaknya bakat yang berpotensi di bidang debat.

“Potensi siswa-siswi SMA di bidang debat cukup banyak, sehingga kami ingin mengembangkan potensi tersebut.” ujarAbdul Hanif selaku ketua panitia i-SAT VI.

Saat ini Meulaboh, Lhokseumawe dan Sigli telah memiliki perwakilan selaku juara dari masing-masing regional untuk bertanding pada final di Banda Aceh. Untuk lomba debat Bahasa Inggris, regional Meulaboh diwakilkan oleh SMA Unggul Tapak Tuan selaku juara satu, SMAN 01 Tapak Tuan selaku juara dua dan SMAN 01 Meulaboh selaku juara tiga. Regional Lhokseumawe diwakilkan oleh SMAN 01 Bireun selaku juara satu, SMAN Modal Bangsa Arun selaku juara dua dan SMAN 01 Lhokseumawe selaku juara tiga. Sedangkan regional Sigli diwakilkan oleh SMAN Unggul Sigli selaku juara satu, MAS Jeumala Amal selaku juara dua dan juara tiga oleh SMA Sukma Bangsa Sigli.

Selain lomba debat Bahasa Inggris, cabang lomba yang juga telah memiliki perwakilan dari setiap regional adalah cabang cerdas cermat. Regional Meulaboh diwakilkan oleh kedua tim dari SMAN 04 Wira Bangsa Meulaboh selaku juara satu dan dua serta satu tim MAN 01 Meulaboh selaku juara tiga. Regional Lhokseumawe diwakilkan oleh kedua tim SMAN Modal Bangsa Arun selaku juara satu dan dua serta satu tim MAS DAMORA Arun selaku juara tiga. Dan regional Sigli diwakilkan oleh kedua tim dari SMA Unggul Sigli selaku juara satu dan dua serta satu tim dari MAS Jeumala Amal selaku juara tiga. 

Abdul Hanif selaku ketua panitia berharap agar siswa-siswi pemenang lomba dari setiap daerah yang akan mengikuti babak final di Banda Aceh dapat berkompetisi secara baik di babak final nanti dan belajar dengan seriuas agar menjadi juara. [SAH]


Posting Komentar

 
Top