0
Proses Seleksi RENCONG. (Foto: Feneubrina Bainirad)


Paguyuban beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Syiah Kuala dengan motto sharing, networking, developing mewujudkan suatu abdi masyarakat bertajuk Rencong. Rencong (Rumoh Caroeng) merupakan suatu program KSE nusantara di Unsyiah. Di mana program ini ditujukan untuk membantu siswa dan siswi kurang mampu agar dapat mengikuti bimbingan belajar persiapan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara gratis.
Untuk dapat mengikuti program Rencong, calon siswa dan siswi harus melewati beberapa seleksi yang cukup ketat. Dari mulai seleksi administrasi, ujian tertulis, sampai tahap akhir interview. Adapun kriteria calon penerima program Rencong yaitu berasal dari keluarga yang secara finansial kurang mampu, memiliki prestasi, aktif dalam organisasi dan yang terpenting harus memiliki komitmen yang besar.
Kegiatan belajar mengajar program Rencong akan dilaksanakan dari bulan Februari hingga Mei 2017 mendatang dan dibimbing langsung oleh volunteer dari mahasiswa paguyuban KSE Unsyiah. Di samping kegiatan belajar mengajar, Rencong juga memiliki program developing dan explore universitas. Dengan program tersebut, diharapkan siswa dan siswi dapat meningkatkan skill mereka dan mengetahui lebih dalam mengenai Universitas, khususnya Unsyiah.
Menariknya, jika siswa dan siswi dari program Rencong lulus di salah satu PTN di Indonesia yang bekerja sama dengan KSE, maka mereka akan langsung dapat menerima beasiswa KSE tanpa seleksi dari semester pertama sampai akhir.
Sebagai salah satu panitia program Rencong, Mulya Mutawaqqil berharap dengan adanya program Rencong ini, dapat membantu siswa dan siswi yang kurang mampu untuk dapat masuk ke PTN.
“Dengan adanya Rencong KSE, semoga semakin banyak siswa dan siswi yang kurang mampu terbantu masuk PTN. Juga harapan untuk kami panitia, semoga dapat meningkatkan nilai sosial kami dan lebih peka terhadap isu-isu masyarakat,” tuturnya.
Sementara menurut Mulya Syarifa Lubis, salah satu calon penerima program Rencong, program ini sangat bagus. Sehingga besar harapannya untuk dapat lulus dan tergabung dalam Rencong dan KSE nantinya.
“Programnya sangat bagus. Bisa membantu anak-anak yang kurang mampu untuk menambah pengetahuan tentang soal-soal SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) serta informasi-informasi tentang kuliah. Harapan saya semoga dapat lulus di program Rencong, lulus di PTN dan mendapat beasiswa KSE.” tutupnya. [GAS]

Posting Komentar

 
Top