0


Foto Bersama Para Peserta GET 2016 (Foto: Dokumentasi Panitia)

Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala (HIMA-TG Unsyiah) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) Wilayah 1 telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Geophysics Engineering Tour (GET) pada 6-12 Desember 2016 lalu. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Lamsujen, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Adapun acara ini mengusung tema “Geophysics Applied for Lamsujen.”

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Teknik Geofisika Unsyiah melakukan pengukuran dengan beberapa metode geofisika untuk melihat persebaran bijih besi, identifikasi zona longsor, serta penentuan litologi bawah permukaan di sekitaran desa Lamsujen. Adapun metode-metode tersebut yaitu metode gravity, metode magnetik, metode geolistrik, metode seismik refraksi dan metode CMD. Kegiatan dilanjutkan dengan pengolahan data dan presentasi yang langsung dilakukan pada malam harinya. Dampak dari kegiatan GET ini selain meningkatkan pengetahuan dan skill mahasiswa dalam penggunaan metode geofisika, juga telah berhasil menumbuhkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan antara sesama mahasiswa Teknik Geofisika Unsyiah.

Masyarakat desa Lamsujen juga antusias dengan kegiatan GET 2016 ini. Terbukti dengan ramainya masyarakat yang hadir pada acara pembukaan dan penyambutan peserta oleh kepala desa. Kegiatan semacam ini diharapkan dapat rutin dilakukan setiap tahunnya, guna membina silaturrahmi antara mahasiswa dengan masyarakat desa. Di samping itu juga dapat mengeksplor potensi sumber daya yang tersebar di wilayah Aceh.

Posting Komentar

 
Top