0





Darussalam, IndustrialTimes.net– Sebagai salah satu upaya menuju ISO 27001 (sertifikasi untuk Information Security Management), UPT Perpustakaan Unsyiah telah merilis aplikasi Uilis Mobile. Tidak hanya untuk android, aplikasi ini juga dapat dipakai oleh pengguna iOS. “Aplikasi ini bersifat user friendly,” tutur Taufik selaku kepala UPT Perpustakaan Unsyiah. Ia juga menambahkan bahwa kini perpanjangan peminjaman buku bisa dilakukan di mana saja.

Selama ini, transaksi antara mahasiswa dengan staf perpustakaan yang menyangkut peminjaman buku dilakukan secara tatap muka. Termasuk untuk perpanjangan waktu peminjaman yang harus dilakukan dengan cara datang langsung ke perpustakaan. Durasi perpanjangan yang dapat dilakukan pun hanya satu minggu. Kini, hanya dengan mengunduh aplikasi Uilis Mobile, maka mahasiswa dapat memperpanjang waktu peminjaman buku di mana saja, bahkan sampai dua minggu.

“Kalau memperpanjang waktu peminjaman buku melalui Uilis Mobile, mahasiswa bisa memperpanjang waktunya hingga dua minggu. Namun untuk perpanjangan melalui Uilis Web hanya bisa satu minggu saja. Sekarang tidak ada lagi pelayanan perpanjangan masa pinjam secara manual,” ujar Taufik. Ia juga menambahkan bahwa perpanjangan ini hanya dapat dilakukan satu kali untuk setiap buku yang dipinjam. Tampilan aplikasi yang sederhana juga membuat aplikasi ini menjadi user friendly.

Aplikasi ini merupakan karya salah seorang mahasiswa Teknik Informatika Unsyiah angkatan 2013. Pria bernama Muhammad Furqan itu juga bekerja sebagai staf Mobile Application Developer di Perpustakaan Unsyiah. Ia menjelaskan bahwa saat ini fitur pada Uilis Mobile masih sebatas mesin pencarian buku, data riwayat peminjaman, serta perpanjangan waktu peminjaman buku. Ke depannya, direncanakan Uilis Mobile menambahkan fitur bookmark. Adapun fitur yang berbasis database ini memungkinkan mahasiswa untuk memesan buku yang hendak dipinjam. Apabila buku yang hendak dipinjam masih berstatus dipinjam oleh orang lain, maka akan ada peringatan saat buku tersebut sudah dikembalikan dan siap untuk dipinjam kembali. Sebelumnya Uilis Mobile hanya dapat digunakan oleh pengguna android sejak diunggah di Playstore pada 14 November 2016. Namun sejak tanggal 23 November 2016, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pengguna iOS. [AJC]


Posting Komentar

 
Top