0
Grand Launching Mobil Listrik Malem Diwa oleh Rektor Unsyiah ( Foto : Rizky Fernanda/IT ) 

Banda Aceh, industrialtimes.net- Mobil hemat energi Malem Diwa buatan mahasiswa  Unsyiah kembali unjuk gigi. Kali ini mobil yang pernah mengikuti kompetisi tingkat nasional tahun lalu itu lagi-lagi mencuri perhatian melalui launching edisi terbarunya di AAC Dayan Dawood pukul 14.00, pada kamis (18/10).

Malem Diwa sendiri awalnya dirancang untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional usungan Dikti yang bertemakan Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) pada tahun 2015. Kompetisi ini merupakan kelanjutan dari kompetisi IEMC yang bertuan rumah di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Malem Diwa yang diperlombakan pada KMHE meliputi dua versi yang masing-masingnya dipelombakan pada kelas urban dan kelas prototype.

Kelebihan yang paling jelas dari mobil besutan mahasiswa Teknik Mesin Unsyiah ini adalah ringannya body mobil yang kurang lebih hanya seberat 9-10 k.g. jika tidak dihitung dengan chassis dan komponen lain. Untuk kedepannya, pihak perancang sendiri akan memperbaiki spesifikasi daya dan mengurangi hambatan untuk mengingkatkan efisiensinya. Sementara kendala yang dihadapi adalah tidak tersedianya bahan yang dibutuhkan, sehingga untuk bahan-bahan seperti serat karbon beserta velg dan ban harus dipesan terlebih dahulu ke daerah lain, seperti Jakarta, Surabaya, bahkan luar negeri.

Reza Al Furqan, ketua tim Malem Diwa, menyatakan bahwa mobil ini akan kembali tampil di Kompetisi Mobil Hemat Energi lainya yang akan dilaksanakan di Jogjakarta pada tanggal 1-4 November nanti.

“Mobil ini akan kembali mengikuti kompetisi mobil hemat energi di Jogjakarta tanggal 1-4 November dimana pada kontes ini yang diperhatikan hanya efisiensi daya dan tidak memperhitungkan kecepatan. Jadi jika mobil ini dibawa race dengan jarak dan waktu tertentu, perhitungannya adalah berapa total bahan bakar yang akan dihabiskan pada jarak dan waktu tersebut” Imbuhnya. [JA]

Posting Komentar

 
Top