1
Mahasiswa KKN Tengah Menjelaskan Cara Pembuatan Sirup Kepada Warga (Foto : Japlis Antoni )
Aceh Timur, industrialtimes.net- Memasuki hari ke-18 pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala di kabupaten Aceh Timur, para peserta KKN sudah mulai merampungkan programnya masing-masing. Berikut tim Industrial Times telah merangkum beberapa kegiatan menarik yang sudah dijalankan mahasiswa-mahasiswa KKN per 18 Agustus 2016.

Dari gampong Trieng Gadeng, para peserta KKN melakukan penyuluhan kepada warga tentang bagaimana cara membuat sirup dari air kelapa sebagai satu cara memanfaatkan potensi gampong.

Di Alue Gadeng, anak-anak gampong diajak untuk melakukan senam dan jalan santai disertai dengan bakar-bakar ikan bersama warga demi mempererat rasa kekeluargaan. Lain lagi di Seuneubok Teungoh, dimana mahasiswa melakukan home visit untuk pengukuran tensi serta sosialisasi antibiotik dan hidroponik. Sementara di Buket Kulam, anak-anak SMP dilatih untuk melakukan public speaking.

Tidak jauh dari lokasi-lokasi tersebut, di Dama Pulo Sa, anak-anak SD disuguhi lomba mewarnai yang mereka sambut dengan antusias. Di Beunot, sama seperti di Dama Pulo Sa, mahasiswa juga mengadakan lomba mewarnai dengan tema satwa liar dan disertai dengan lomba Asmaul Husna. Di Seuneubok Tengoh Sa, untuk memudahkan masyarakat menyediakan makan untuk ternak mereka, para peserta KKN melakukan penanaman rumput gajah yang merupakan salah satu jenis rumput unggul.

Itulah beberapa program unggulan yang telah dijalankan para peserta KKN. Belum lagi termasuk program-program lain di gampong dan kecamatan yang berbeda. KKN sendiri sebagai bentuk pengabdian mahasiswa diharapkan mampu membawa perubahan sesuai dengan fungsi mahasiswa sebagai agent of change. [JA]

Posting Komentar

  1. Terimakasih min. Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus

 
Top