0
Tiga Pemuda Wakili Aceh dari Kiri ke Kanan Muhajiburrahman, Maulidiya Izzati, Ichwan. (Foto : Rian Akhyar)



Banda Aceh, Industrialtimes.net –Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) wakili Aceh dalam kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) atau juga dikenal dengan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Karimata 2016. Ketiga mahasiswa tersebut berasal dari Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik, Prodi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian dan Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi.

Kapal Pemuda Nusantara merupakan salah satu program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementrian Kelautan dan Perikanan, bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut dalam upaya menanamkan nilai- nilai dunia bahari yang potensial jika diberdayakan lebih optimal dan serius. 


Maulidiya Izzati yang merupakan satu-satunya perwakilan perempuan mengatakan bahwa kegiatan ini luar biasa baginya dan dengan kegiatan ini, jiwa nasionalisme sebagai pemuda Indonesia akan dibuktikan. Selain itu, Izzati juga menyampaikan bahwa mengikuti kegiatan ini juga dapat membuatnya sadar betapa kecilnya kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan betapa luas kebesaran-Nya.

Kegiatan Sail Indonesia ini dimulai sejak 2009. Kegiatan sebelumnya antara lain Sail Bunaken tahun 2009, Sail Banda tahun 2010, Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011, Sail Morotai tahun 2012, Sail Komodo tahun 2013, Sail Raja Ampat tahun 2014, Sail Tomini tahun 2015, dan Sail Karimata pada tahun 2016 ini. Pada tahun 2016, Sail rute yang akan mereka lewati yaitu dimulai dari Jakarta - Belinyu - Dabo Singkep - Pulau Bintan - Tarempa - Pulau Laut (pulau terluar) - Pulau Serasan - Pontianak - Karimata Kayong – dan akan kembali ke Jakarta. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari ini akan dimulai pada September-Oktober 2016 mendatang.

Ichwan menyampaikan bahwa ia senang bisa menjadi perwakilan Aceh dan punya kesempatan untuk belajar mengenai potensi kelautan dan bertemu dengan seluruh pemuda dari 34 provinsi lainnya. Pemuda ketiga, Muhajiburrahman, juga menyampaikan bahwa ia bangga dapat menjadi bagian dalam kegiatan ini dan berharap semoga perjalanan mereka nanti dapat memberikan konstribusi positif setelah pulang dari kegiatan Sail Karimata ini.

Kegiatan yang akan mereka lakukan di kapal meliputi diskusi, kegiatan kelompok, olahraga, homestay di rumah keluarga angkat, kegiatan kemasyarakatan, pergelaran seni budaya dan masih banyak kegiatan lainnya. Untuk mengetahui seperti apa perjalanan mereka mengelilingi Indonesia dapat dilihat di akun instagram @ayokelaut. Mereka juga berharap dengan sejuta ilmu baru yang mereka dapatkan selama perjalanan akan kami bagikan di Nanggroe tercinta. [TM]



Posting Komentar

 
Top