0
Suasana Pembekalan KKN Unsyiah Periode ke-XI di AAC Dayan Dawood (Foto : Ananda Justisiani)

Banda Aceh, industrialtimes.net - Hari pertama pembekalan Kuliah Kerja Nyata periode ke-XI tahun 2016 telah sukses dilaksanakan. Kegiatan yang merupakan salah satu acara penting dalam rangkaian program KKN ini diselenggarakan di AAC Dayan Dawood Unsyiah pada Senin (11/7).

Menariknya, acara tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah. Kehadiran orang nomor satu di Aceh ini disambut langsung oleh Rektor Unsyiah, Samsul Rizal, beserta beberapa jajaran rektorat.

Dalam sambutannya, Zaini mengungkapkan bahwa salah satu misi yang diemban oleh peserta KKN adalah mengubah pola pikir masyarakat di lokasi sasaran KKN. Hal ini bertujuan untuk membentuk masyarakat yang lebih baik dan memiliki akhlaqul karimah.

“Kemiskinan di Aceh merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia, yaitu mencapai 17%. Salah satu tugas mahasiswa KKN adalah memantau apakah angka tersebut sesuai dengan kenyataan di lapangan.” tambahnya.

KKN sendiri merupakan program rutin Unsyiah dan salah satu perwujudan dari Tridarma Perguruan Tinggi. Berbeda dengan PPL ataupun baksos, KKN menuntut peserta untuk terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat selama beberapa waktu tertentu. Hal lain yang membuat KKN berbeda ialah perihal interdisiplin keilmuan, yaitu memecahkan masalah-masalah yang ditemui di lapangan dengan menggunakan beberapa disiplin ilmu.

Untuk tahun ini terdapat lebih dari 2.000 peserta KKN yang tak hanya terdiri dari peserta KKN reguler, namun juga terdapat 12 kelompok peserta KKN PPM dan 15 orang peserta KKN Kebangsaan. 

Selain itu Rektor Unsyiah juga berharap dengan semakin baiknya pelaksanaan KKN, maka semakin baik pula Unsyiah keseluruhannya. Bahkan ia juga menargetkan Unsyiah dalam posisi 5 besar perguruan tinggi negeri terbaik pada tahun 2020. [JA]

Posting Komentar

 
Top