0
Gedung Biro Rektorat Unsyiah

Medan, Industrialtimes.net – Sehubungan dengan akan diadakannya program Semester Antara, Rektor Unsyiah resmi mengeluarkan Surat Edaran No. 2983/UN11/TU/2016 mengenai prosedur dan persyaratan perkuliahan Semester Antara Universitas Syiah Kuala tahun akademik 2015/2016.

Semester Antara atau yang biasa disebut dengan Semester Pendek merupakan suatu program semester tambahan yang ditawarkan oleh program studi atas dasar kebijakan akademik fakultas. Adapun program ini biasanya ditujukan bagi mahasiswa/i yang ingin mengulang mata kuliah dan memperbaiki nilai (IPK ≤ 3), atau mempercepat proses studi dengan mengambil mata kuliah pada semester berikutnya (IPK ≥ 3).

Sesuai kalender akademik Unsyiah tahun 2015/2016, Semester Antara akan dimulai pada 13 Juli s/d 27 Juli 2016. Pendaftaran untuk penentuan kelas sudah dimulai dari 20 Juni lalu dan akan ditutup pada 27 Juni mendatang. Pendaftaran ini dapat dilakukan di masing-masing fakultas yang bersangkutan. Adapun ketentuan yang harus diperhatikan yaitu kelas hanya dapat dibuka apabila pendaftar minimal berjumlah 15 mahasiswa. Jika tidak, maka diperlukan pertimbangan khusus dari dekan. 

Pembayaran biaya SKS dan pengisian KRS berlangsung dari 28 s/d 30 Juni 2016. Pembayaran dapat dilakukan melalui bank BNI, Mandiri, BRI, Bank Syariah Mandiri, ataupun Bank Aceh. Di mana jumlah SKS yang ditawarkan maksimal 9 SKS atau 2 Blok, dengan biaya per SKS sebesar Rp 150.000,-. Sementara untuk pengisian KRS dilakukan oleh operator fakultas setelah menerima tanda bukti pembayaran dari mahasiswa yang bersangkutan.

Mata kuliah yang ditawarkan merupakan mata kuliah yang tidak ada pelaksanaan praktikum. Sementara untuk mata kuliah yang memiliki prasyarat, maka prasayarat tetap diberlakukan. Pada Semester Antara, tidak ada pembatalan KRS, sedangkan penyerahan nilai akhir paling lambat pada 27 Agustus 2016. Adapun prinsip pelaksanaan proses perkuliahan sama dengan semester biasa. Untuk itu, diharapkan kedisiplinan dosen dan mahasiswa tetap disadari pada ketentuan akademik yang berlaku. [GAS]

Posting Komentar

 
Top