0
Sumber Gambar : helmykkediricomp.blogspot.co.id
Banda Aceh, Industrialtimes - Dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan seperti yang  sedang kita jalani saat ini, umat islam disarankan untuk melakukan kegiatan sahur atau makan sebelum waktu imsak tiba, hal ini sudah menjadi tantangan tersendiri bagi kaum muslimin karena waktu sebelum imsak adalah waktu dimana kondisi tubuh manusia sedang lemahnya dan sedang beristirahat. Saat selesai menyantap hidangan atau makanan sahur, kaum muslimin tidak dianjurkan untuk langsung tidur, Rasulullah SAW menyarankan umatnya untuk melakukan hal-hal yang baik sesudah sahur, contohnya seperti menunaikan shalat subuh dan mengaji, selain karena bertentangan dengan perintah nabi, tidur setelah sahur juga menimbulkan beberapa bahaya bagi kesehatan. Simak ulasannya berikuit ini!

1.   Perut kembung
Tidur setelah sahur bisa menimbulkan perut kembung pada manusia, karena saat setelah makanan sahur, tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang dimakan, namun jika tubuh dalam kondisi tidur maka proses pencernaan makanan akan menjadi lambat sehingga membuat makanan lama untuk dicerna dan menimbulkan perut kembung.

2. Stroke
Stroke merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia saat ini, penyakit ini bisa membunuh korbannya dengan cara mendadak atau tanpa tanda terdahulu, tidur setelah sahur dapat mengundang lahirnya penyakit ini, untuk itu perlunya pewasapadaan bagi anda yang ingin tidur setelah menyantap makan sahur.

3.Serangan jantung
Nah! bagi penderita kolesterol, tidur setelah sahur sangat bahaya, karena dampaknya lebih besar daripada manusia yang bertubuh sehat, tidur setelah sahur bagi penderita kolesterol dapat menimbulkan serangan jantung. Mengapa ini bisa terjadi? Saat tidur dengan perut penuh dengan makanan, lemak akan menuju darah dan menumpuk didalamnya sehingga oksigen terhambat. Hal inilah yang memicu timbulnya serangan jantung.

4.Sakit kepala
Tidur setelah makan sahur juga membuat manusia merasakan pusing saat bangun tidur. Hal ini disebabkan serebrospional bergerak ke otak yang merupakan efek langsung tidur setelah mengonsumsi makanan, hal inilah mengapa orang yang tidur setelah makan sahur sering mengalami sakit kepala, biasanya hal ini terjadi pada kepala bagian belakang hingga ke leher.

5.Tenggorokan terasa terbakar
Tenggorokan akan terasa terbakar jika tidur setelah makan sahur, hal ini disebabkan makanan yang belum selesai dicerna oleh lambung terhambat dan tidak tertutupnya sebuah katup yang ada diantara perut dan esofagus hal inilah yang membuat asam lambung naik hingga ke tenggorokan dan membuat tenggorokan terasa terbakar.  [MJ]

Posting Komentar

 
Top