0
Tim delegasi Unsyiah berfoto seusai menerima hadiah. (Foto: M. Nahyan Zulfikar)


Banda Aceh, industrialtimes.net - Unsyiah kembali menunjukkan kiprahnya di ajang nasional. Pada kompetisi debat konstitusi antar perguruan tinggi se-Indonesia untuk wilayah barat, Unsyiah berhasil menduduki peringkat ke tiga. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi dan untuk tahun ini dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 21 April di Universitas Batam. Jumlah tim delegasi yang mengikuti kompetisi ini adalah 24 tim dari berbagi universitas di kawasan wilayah barat Indonesia.

Diikuti oleh seluruh provinsi yang ada di pulau Sumatera, provinsi Banten dan Jawa Barat, tim Unsyiah bersaing ketat dengan Universitas Andalas yang keluar sebagai juara dua dan Universitas Indonesia sebagai juara satu. Pada ajang bergengsi ini, Unsyiah mengirimkan satu tim delegasi yang terdiri dari Aditya Rivaldi, Dwi Pragasa Ananda dan Zulfikar dari mahasiswa Fakultas Hukum. Zulfikar selaku ketua tim delegasi Unsyiah mengatakan bahwa persiapan dari tim ini sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum kompetisi bergengsi ini diselenggarakan Sebelum mengikuti kompetisi ini, mereka terlebih dahulu diharuskan mengirimkan karya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Tidak dari semua universitas di wilayah Indonesia barat yang diundang oleh Mahkamah Konstitusi bisa menembus babak penyisihan, karena sebelumnya ada babak eliminasi. Ia juga berharap agar ke depannya Unsyiah biasa bersaing lagi di ajang nasional maupun internasional dan mengharumkan almamaternya di mana pun.

“Mahasiswa Unsyiah mempunyai daya saing, berani bersaing dengan mahasiswa lain di seluruh Indonesia karena sebenarnya kita memiliki kemampuan yang sama dengan mereka, hanya saja mungkin kita belum terlalu serius belajarnya.” ujarnya ketika diwawancarai tim Industrial Times tim via telepon.

Ini merupakan pencapaian pertama kali untuk Unsyiah, mampu bertengger pada jajaran tiga besar di ajang debat Konstitusi yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi. Dari hal ini Unsyiah kembali menunjukan kiprahnya dalam membawa nama harum Aceh di ajang regional dan nasional. Hal ini juga menunjukan bahwa universitas dari Aceh mampu bersaing dengan universitas lain yang ada di Indonesia dan semakin mengukuhkan bahwa Unsyiah layak menyandang akreditas A. [SAH]

Posting Komentar

 
Top