0
Suasana Seminar Post Disaster Redevelopment (foto: Susi Susila Dewi)


Banda Aceh, Industrialtimes.net- Universitas Teknologi Mara Malaysia (UITM) kembali melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala pada hari rabu (6/4) di Balee Kerukon. Kali ini UITM datang dalam rangka kerja sama di bidang Post Disaster Redevelopment di Banda Aceh.

Dalam kunjungannya ke Fakultas Teknik Unsyiah, turut diberlangsungkan seminar tentang Post Disaster Redevelopment yang dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala yaitu Mirza Irwansyah. Pemateri seminar ini adalah Syamsidik dan Azmeri, narasumber yang berasal dari Unsyiah serta seorang narasumber dari UITM sendiri.

Materi yang dibahas dalam seminar kali ini adalah bagaimana membangun kembali Aceh pasca tsunami. Seminar ini juga membahas hal-hal yang dilakukan untuk menghilangkan trauma masyarakat Aceh yang diakibatkan oleh bencana yang terjadi.

Untuk mengurangi korban dalam bencana alam, masyarakat perlu dibagi menjadi kelompok-kelompok siaga bencana. Pemerintah juga harus mendukung peringatan bencana dengan menekan sirine khusus sebagai salah satu tanda emergency kepada masyarakat. Tanda emergency ini bisa secara broadcast sms serta mengirimkan pemberitahuan melaui media sosial sehingga masyarakat dapat siap siaga ketika bencana terjadi.

Seminar ini berlangsung dengan lancar, semua peserta yang berasal dari UITM maupun dari Unsyiah sangat antusias mengikuti seminar tersebut. Dan seminar pun ditutup dengan photo bersama. [SSD]

Posting Komentar

 
Top