1
Salah Satu Pemateri Sedang Menyampaikan Materinya (Foto : Rizky Fernanda)
Banda Aceh, Industrialtimes.net – Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Unsyiah kembali menggelar sebuah talkshow inspiratif dalam rangka memperingati hari kartini di Balee Keurukon Fakultas Teknik Unsyiah, kamis (21/4). Acara ini sekaligus dimanfaatkan untuk mengumumkan pemenang lomba menulis opini yang baru-baru ini diadakan HMTI.

Talkshow bertajuk “Peraan Wanita dalam Perubahan dan Perbaikan Daerah” ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Unsyiah, Mirza Irwansyah. Dalam sambutannya, Mirza menyatakan kebangaannya atas kedatangan narasumber-narasumber yang hadir, yaitu Nurdahri Ibrahim Nain dan Badrunnisa yang telah dikenal sebagai pejuang hak-hak perempuan.

“Kita patut berbangga dengan kehadiran narasumber kita, layaknya Ibu Nurdahri yang sudah sejak lama memperjuangkan hak-hak perempuan Aceh seperti menjadi perwakilan di DPR RI, MPR RI, dan anggota DPR Aceh sehingga banyak memberikan kontribusi, khususnya untuk daerah Aceh.” Ungkap Mirza dalam sambutannya.

Nurdahri mengungkapkan bahwa perkembangan perjuangan hak-hak perempuan di Aceh mengalami peningkatan sejak ia melihat sendiri tingginya tingkat kriminalitas terhadap perempuan seperti pelecehan seksual dan pemerkosaan sudah melebihi betas kejahatan besar lainnya. Badrunnisa, narasumber lain, menambahkan bahwa perkembangan perlakuan terhadap perempuan sudah semakin membaik. Hal ini ditandai dengan sudah berkurangnya pemaksaan terhadap perempuan dalam melakukan sesuatu seperti pernikahan dan lain-lain.

Teuku Lakmana Muzafarsyah, Ketua Umum HMTI menambahkan bahwa takshow ini bertujuan untuk mengingatkan kembali akan pentingnya peran perempuan.

Disela-sela talkshow juga dilakukan pengumuman pemenang lomba menulis opini yang diiadakan HMTI beberapa waktu lalu. Tarmizan, ketua panitia mengatakan bahwa pada tahun ini dilaksanakan secara bebeda dari tahun sebelumnya. Lomba tahun ini memiliki cakupan yang lebih luas dengan dua kategori, yaitu umum dan pelajar, serta menjangkau hingga keluar Banda Aceh.


Nama-nama pemenang untuk kategori umum adalah Farah Febriani (juara I, Psiklogi Unsyiah), Satria Arif Hidayat (juara II, T. Industri Unsyiah), dan Nurul Riska (juara III, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Sementara untuk kategori pelajar yaitu Aretha Alyssa Arlyn (juara I, SMAN 4 Banda Aceh), Rifka Aulia Putri (juara II, SMKN 1 Banda Aceh), dan Renaldi S. (juara III, SMKN 2 Banda Aceh).[JA]

Posting Komentar

  1. assalamualaikum. kak admin, saya renaldi s. saya berasal dari smk negeri 2 banda aceh. mohon di refisi.
    terima kasih :>)

    BalasHapus

 
Top