0
Sumber: Instagram Universitas Syiah Kuala


Banda Aceh, Industrialtimes.net - Belum lama ini, seorang mahasiswi FKIP jurusan Penjaskesrek angkatan 2015 Unsyiah kembali mengharumkan nama Aceh dan Unsyiah di kancah olahraga Muay Thai nasional. Irsalina atau yang sering disapa Ir ini mendapat panggilan mengikuti Kejurnas Wapres Cup Seri 5 pada cabang olahraga Muay Thai di Subang, Jawa Barat. Pada ajang kompetisi Muay Thai yang dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 10 April 2016 tersebut, Irsalina sukses meraih posisi ke-2 pada atlet kelas 51 Kilogram (amatir senior), bersaing ketat dengan delegasi Subang dan Jaya Pura yang menempati posisi pertama dan ketiga.

Irsalina bukan hanya kali ini saja mengharumkan nama Aceh. Di kancah nasional Ia pernah mendapatkan juara 1 dengan meraih medali emas pada Kejurnas Wapres Cup seri 1 tahun 2014 di Makassar, Sulawesi Selatan. Bahkan di kancah Internasional ia bersama dengan rekannya Aulia Rahman yang juga mahasiswa jurusan Penjaskesrek berhasil menyabet juara 3 dan 2 pada World Champion Muay Thai 2015 di Bangkok, Thailand. Sehingga prestasi Irsalina yang rutinitasnya berlatih di UKM Muay Thai Unsyiah tidak perlu diragukan lagi. 

Aulia Rahman sendiri yang kini menjadi pelatih Irsalina juga menuturkan bahwa Irsalina diharapkan dapat terus mengembangkan potensi yang dimilikinya. Karena perjalanan yang akan ditempuhnya masih panjang dan tidak cukup dengan berpuas diri. Sehingga ia mampu menjadi atlet yang bisa membanggakan daerah dan negaranya.  

“Saya juga berharap untuk UKM Muay Thai Unsyiah ini ke depannya dapat terus berkembang ke seluruh universitas yang ada di Aceh. Sehingga dapat membawa nama Unsyiah dan Aceh ke tingkat nasional dan internasional. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, layaknya rektor Unsyiah untuk terus membantu dan mendukung UKM Muay Thai Unsyiah.” tambah Aulia yang juga selaku pendiri sekaligus ketua UKM Muay Thai Unsyiah.

Seperti yang diketahui, Muay Thai sendiri ialah seni bela diri keras yang berasal dari kerajaan Thai yang juga merupakan olahraga nasional kerajaan Thailand. Di dunia internasional, Muay Thai juga dikenal sebagai Kick Boxing dan seni Tungkai karena menggunakan pukulan, tendangan, siku dan lutut. Dan di Thailand sendiri, praktisi Muay Thai disebut Nak Muay sedangkan untuk orang yang bukan berasal dari Thailand disebut Nak Muay Farang. [AM/FAA]

Posting Komentar

 
Top