1
Foto : Ilustrasi


Biaya makan adalah pengeluaran yang harus disiapkan setiap mahasiswa rantau setiap bulannya. Terlalu perhitungan dalam hal makan akan membuat mahasiswa gampang sakit, sedangkan terlalu boros untuk makanan akan membuat mahasiswa tekor sebelum awal bulan berikutnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa rantau dalam mengatur uang makan.

1. Masak sendiri
Masak sendiri terbukti lebih hemat ketimbang jajan. Cara ini juga bisa membuat kamu lebih mandiri sambil melatih kemampuan memasak. Pagi –pagi sebelum kuliah, kamu bisa belanja, lalu masak untuk sarapan sekaligus bekal makan siang di kampus. Keuntungan lainnya, makanan jauh lebih sehat dan terjamin kebersihannya.

2. Perbanyak teman 
Teman yang baik akan selalu ada saat kamu kesusahan sekaligus saat kamu kelaparan. Artinya, numpang makan di rumah teman yang ada di sekitar kampus tentu sah-sah saja. Meski demikian, kamu tetap harus tahu diri, jangan terlalu sering numpang makan karena bisa dianggap mengganggu. Lalukan cara ini di saat darurat atau jika memang temanmu menawari untuk ikut makan di rumahnya. 

3. Cari pacar
Saat punya pacar, kamu tidak akan kekurangan perhatian, termasuk soal makan. Sesekali mungkin kamu akan dibekali makan oleh pacar atau sengaja diajak kerumahnya untuk makan bersama. 

4. Cari tempat makan murah
Di setiap kampus selalu ada tempat makan murah meriah yang menjadi langganan mahasiswa rantau. Tempat makan murah tersebut bisa berupa rumah makan atau angkiran. Di sana, kamu bisa mendapatkan makanan dengan nasi dan lauk melimpah, namun harganya murah.

5. Sering puasa
Selain menghemat uang jajan, puasa juga bisa menambah pahala dan menyehatkan tubuh. Puasa juga melatih kesabaran dan menghindarkanmu dari perbuatan yang kurang baik. Namun, saat memutuskan untuk berpuasa, kamu harus menyesuaikan dulu seberapa padat jadwal kuliahmu. Jangan sampai niat berhemat sambil beriabadah malah membuat tubuhmu sakit.

Sekian tips menghematnya semoga bermanfaat.

Sumber: OKEZONE.

Posting Komentar

  1. nah tips yg ke 2 yang paling ampuh, ditraktir tiap hari beda teman.
    hemat dan irit sudah pasti

    BalasHapus

 
Top