0

karikatur mahasiswa sukses

Industrialtimes.net - Mahasiswa sukses pasti memiliki kebiasaan yang baik. Salah satunya kebiasaan belajar yang baik. Banyak mahasiswa sekarang yang ngerasa udah belajar tapi nilainya masih saja jelek, atau iri dengan teman mereka yang nilainya bagus walaupun aktif di aktivitas non akademik. Penasaran kan apa yang harus dilakukan sebagai mahasiswa agar mendapat nilai yang bagus dan tetap kece dibidang non akademik, ayo kita teliti kebiasaan mahasiswa sukses

    1.Tidak terlalu banyak  belajar dalam sekali waktu
Kalian pasti pernahg mendengar dengan yang namanya SKS(sistem kebut semalam). Cara belajar ini merupakan cara belajar yang paling banyak dilakukan oleh mahasisiwa, apalagi sebelum ujian. Bila kalian memiliki hobi SKS sebaiknya sudah bisa dihentikan, karena  kalian hanya akan merasa kelelahan dan belajarnya jadi tidak efektif. Nah lebih baik belajar dalam waktu singkat dan tiap waktu diisi dengan istirahat pendek untuk memulihkan energi kalian.

    2. Memasang target untuk tiap kali belajar
Kalau mau belajar kalian efektif maka kalian harus punya target tiap waktu belajar. Jika hanya duduk dan belajar kalian tidak memiliki arah untuk berkembang lagi. Bikin target yang spesifik, misalnya mau menyelesaikan satu bab dalam sehari atau hanya ingin mengulang beberapa subbab saja.

    3. Mereview catatan sebelum mengerjakan tugas
Catatan akan memberikan informasi yang sangat berguna untk membuat tugas. Mereveiw catatan akan sangat membantu kalian dalam mengerjakan tugas dengan benar. Jadi mulai sekarang bagi kalian yang malas mencatat ketika kuliah, harus mulai rajin mencatat.

    4. Rutin belajar tiap hari
Banyak mahasisiwa yang merasa malas dan terpaksa untuk belajar. Untuk menghilangkan rasa malas dan terpaksa itu, cobalah untuk berdisiplin dalam belajar di waktu tertentu setiap harinya. Dijamin lama – kelamaan belajar akan menjadi kebiasaan kalian sama seperti makan dan tidur. Jika belajar sudah menjadi rutinitas, yang namanya malas dan terpaksa tadi akan hilang dari diri kalian.

    5. Mengerjakan tugas yang lebih sulit terlebih dahulu
Memprioritaskan tugas yang lebih sulit trelebih dahulu itu penting karena di saat itulah kalian masih memiliki energi yang cukup. Walaupun hal ini sangat sulit untuk dilakukan namun hal ini akan sangat bermanfaat bagi kalian. Jika kalian mengerakan tugas yang lebih mudah terlebih dahulu maka kalian akan kehilangan semangat untuk mengerjakan tugas yang sulit nantinya, dan hasilnyapun akan tidak maksimal.

    6. Memulai belajar pada waktu yang sudah direncanakan
Bila kalian sangat suka menunda belajar karena berbagai alasan, sebaiknya kalian hentikan mulai sekarang. Menunda belajar hanya akan mempersulit kalian nantinya, misalnya kalian memilki tugas yang harus dikumpulkan minggu depan. Kebanyakan mahasiswa akan mengerjakan tugasnya sehari sebelum deadline tugas tersebut. Alhasil tugas kalian tidak akan maksimal karena kalian ceroboh dan terburu buru mengejar deadline.

    7. Mengulang pelajaran ketika weekend
Weekend bisa saja menjadi waktu yang paling kalian benci untuk mengulang pelajaran. Tetapi cobalah untuk belajar walau pun hanya sebentar saja. Perlu kalian ketahui bahwa belajar itu harus rutin setiap hari tidak terkecuali weekend, akrena kebiasaan ini bisa membantu kalian mempersiapkan materi pelajaran untuk hari seninnya. Satu sampai dua jam saja sudah cukup, kemudian kalian bisa bersenang senang menikmati weekend.

Nah, menurut kalian apakah kalian sudah melakukan kebiasaan mahasiswa sukes diatas, bagi kalian yang sudah, selamat kalaian akan menjadi mahasiswa yang sukses, namun bagi kalian yang  belum maka kalian harus segera melakukan kebiasaan kebiasaan mahasiswa sukes diatas agar kalian tidak menjadi mahasiswa yang biasa biasa saja. [FMR]

Posting Komentar

 
Top