0
Ilustrasi. (Foto: rumahmayakania.com)

Industrialtimes.net - Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang kelancaran aktivitas sehari-hari. Kesehatan juga banyak diidamkan oleh banyak orang, namun karena padatnya rutinitas dan aktivitas harian seperti aktivitas pekerjaan, organisasi, kuliah, sekolah, belajar, dan lain-lain, manusia lupa untuk memperhatikan kesehatannya. Agar kondisi tubuh tetap sehat, kesehatan perlu dijaga dan diperhatikan guna meminimalisir resiko mengidap suatu penyakit yang disebabkan oleh berbagai hal, baik itu yang kita sadari ataupun yang tidak kita sadari. Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan yang bisa diterapkan meski Anda memiliki segudang kesibukan.

Minum Air Putih yang Cukup
Meminum air putih yang cukup akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda, baik itu untuk fungsi pengaturan suhu tubuh, menghindarkan Anda dari dehidrasi yang akan membuat tubuh Anda menjadi lemas, sebagai cairan yang tak tergantikan oleh cairan lain yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, meningkatkan energi, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan fungsi otak, dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari air putih.

Mengkonsumsi Makanan yang Bertgizi dan Seimbang
Makanan yang bergizi dan seimbang akan memberikan suplai gizi dan vitamin yang beragam yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kesehatan tubuh anda menjadi lebih baik. 

Tidur yang Cukup
Rutinitas keseharian Anda yang padat akan membuat tubuh menjadi lelah dan letih, karena itulah diperlukan waktu istirahat dengan tidur guna menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Berolahraga
Dengan menjalankan olahraga maka akan membuat tubuh Anda menjadi tetap bugar dan sehat. Anda bisa melakukannya dengan berbagai macam olahraga ringan seperti dengan berjalan kaki di pagi hari ketika bangun tidur. Berolahraga akan membuat suasana hati menjadi tenang dan terhindar dari stres.

Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan 
Menjaga kebersihan diri Anda dan lingkungan dapat membantu Anda terhindar dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kebersihan diri seperti gatal-gatal maupun disebabkakn oleh lingkungan yang kotor seperti banyaknya tempat perkembangbiakan nyamuk yang berbahaya.

Menjaga Pola Makan
Pola makan juga mempengaruhi kondisi kesehatan dalam tubuh. Dengan menjaga pola makan yang baik, makanan-makanan tersebut akan memberikan manfaat maksimal bagi tubuh.

Tidak Mengkonsumsi Narkoba
Pengaruh buruk narkoba bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak baik itu seperti depresi berat, pendarahan pada otak, liver, saraf mata rusak dan kematian, serta masih banyak lagi dampak buruk dari penggunaan narkoba.

Hindari Asap Rokok dan Hindari Merokok
Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh baik secara sementara maupun dalam jangka waktu panjang seperti terserang penyakit kangker paru-paru ataupun lainnya. Merokok juga dapat menyebabkan banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh seperti daftar penyakit yang tercantum dibungkus rokok yang dijual di pasaran.

Sumplemen Vitamin Tambahan
Kehadiran vitamin bagi tubuh sangatlah penting dan harus terpenuhi. Apabila Anda merasa kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, maka Anda bisa mendapatkannya dengan suplemen vitamin tambahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Cek Kesehatan Secara Berkala
Untuk melihat sejauh mana kondisi kesehatan Anda, maka perlu mengkonsultasikannya ke pihak kesehatan dengan cara mengontrol atau mengecek kesehatan Anda. Hal ini dapat dilakukan pada saat Anda libur atau meluangkan waktu dari padatnya aktivitas. Disarankan agar dilakukan setiap satu bulan sekali atau lebih untuk mengecek kondisi kesehatan. [Satria A.H./IT]

Posting Komentar

 
Top