0
Ilustrasi



Banda Aceh, Induatrialtimes.net - Leadership atau kepemimpinan tidak lagi menjadi kata asing bagi mahasiswa, karena leadership sering menjadi momok yang tidak henti-hentinya diperbincangkan. Di dalam dunia perkuliahan, mahasiswa yang mengikuti organisasi secara tidak langsung dibina untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Sebenarnya apa maksud dari leadership itu sendiri? Untuk apa dan bergunakah leadership ini?

Pengertian dari leadership menurut Rauch dan Behling (1984) yaitu suatu proses mempengaruhi kegiatan suatu kelompok yang diorganisasi menuju arah pencapaian sebuah tujuan. Maksudnya di sini ialah kemampuan seseorang untuk memimpin anggotanya dalam sebuah organisasi atau kelompok tertentu. Nah, apakah semua orang memiliki jiwa kepemimpinan? Jawabannya tentu saja iya. Sangat jelas dikatakan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 30 tentang diciptakannya manusia sebagai khalifah atau pemimpin di muka bumi ini. Tetapi jiwa tersebut hanya akan tampak jika kita mengembangkan kemampuan dalam memimpin orang lain dengan cara bergaul dan berorganisasi dalam kelompok tertentu.

Mengapa leadership ini perlu dikembangkan  oleh setiap orang? Untuk terjun ke dunia kerja maka  track record organisasi dan role leadearship kita akan diminta karena IPK bukanlah jaminan untuk kita dapat melakukan pekerjaan dengan kompeten. Kemampuan leadership ini dapat melihat kemampuan kita berkomunikasi secara persuasif dan efektif. Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan dapat dilihat dari cara dia berkomunikasi, bergaul dengan orang lain dan cara ia dapat mempengaruhi orang lain. 

Kelebihan dari mempunyai leadership skill ini yaitu berarti kita mampu berkomunikasi dengan baik. Kemampuan komunikasi yang baik sangat membantu kelancaran pencapaian tujuan kerja. Maksudnya, berkomunikasi dengan baik berarti mempermudah kita dalam bekerja sama dengan orang lain, membentuk hubungan yang baik dengan mitra kerja dan yang paling penting, pendapat kita akan didengarkan pula dengan baik. Maka dari itu, kemampuan leadership menunjang kita dalam mendapatkan pekerjaan yang baik.

Kemampuan leadership dapat membantu kita menjadi orang yang memimpin bukannya dipimpin. Kita tentunya menjadi tokoh bagi orang lain, dapat menginspirasi orang banyak dan menjadi diri yang dapat dibanggakan. Setiap orang pastinya menginginkan posisi atas di mana kita akan dilihat dan didengarkan orang lain. Maka dari itu leadership skill ini harus diasah dan dipupuk sedini mungkin. Sehingga nantinya kehidupan kita akan bermanfaat dan dapat dikenang orang banyak. [FB] 

Posting Komentar

 
Top