0
Illustrasi


Banda Aceh, Industrialtimes.net - Belanja memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, terlebih lagi pada kaum hawa khususnya. Mulai dari kaum tua hingga kaum muda menyukai berbelanja, ditambah pula dengan adanya diskon di tempat-tempat tertentu. Namun tanpa ada yang menyadari, berbelanja dengan menggunakan plastik ada bahayanya juga loh!

Berbelanja selain bisa membuat seseorang merasa bahagia dan nyaman juga ada bahayanya juga. Contoh langsungnya saja, penambahan tumpukan sampah plastik. Seperti yang kita ketahui, zat yang ada dalam plastik adalah salah satu zat yang paling susah terurai, sehingga membutuhkan ratusan tahun untuk bisa membusuk. Tetapi lingkungan kita sendiri dari dulu sampai sekarang masih saja menjadikan plastik itu sebagai alat yang murah, praktis dan sederhana, padahal banyak sekali bahaya yang mengancam.

Bahaya tumpukan sampah plastik salah satunya bisa menyebabkan banjir. Bayangkan saja kalau suatu daerah tidak suka menanam pohon, juga sangat suka menjadi konsumen plastik, banjir pun akan segera terjadi. Jika di dalam benak anda muncul pertanyaan “Kenapa harus ribet? Bukannya sampah plastik bisa dihilangkan dengan cara dibakar?”. Stop mulai sekarang pemikiran seperti itu. Sampah plastik yang dibakar juga menimbulkan bahaya, yaitu asapnya dapat membuat lubang di atmosfer bumi, sehingga bumi akan menjadi lebih panas.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari bahaya tersebut? Mulai sekarang amalkanlah slogan 'Belanja Cantik Tanpa Plastik'. Mulailah meminimalkan penggunaan plastik, karena itu akan membawa bencana nantinya. Terlebih lagi Walikota Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, telah mencanangkan program uji coba belanja tanpa plastik atau plastik berbayar. Dengan melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan masyarakat juga sekolah-sekolah, diharapkan semua warga bisa menjadi warga yang cerdas dan mencintai bumi.

Maka dari itu, berhubung hari ini adalah tanggal 21 Februari yang selalu diperingatkan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional, ayo semua teman-teman bergerak mulai dari sekarang. Jauhilah plastik sebisa mungkin. Jika bukan dari sekarang kita berubah, kapan lagi? Jika bukan kita yang menjaga bumi, siapa lagi? Selamat Hari Peduli Sampah Nasional. [MJ]

Posting Komentar

 
Top