0
Para peserta saat melakukan simulasi pertolongan pertama. (Foto: Tarmizan)



Banda Aceh, Industrialtimes.net – KSR PMI Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengadakan kegiatan Simulasi Jalan Raya yang berlangsung di Lapangan Tugu Unsyiah, Minggu (14/2). Kegiatan simulasi ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dan selesai pada pukul 17.00 WIB. Simulasi ini diikuti oleh sebanyak 12 peserta yang terdiri dari anggota KSR PMI Unsyiah angkatan 2013, 2014, dan juga 2015.

Sebelum sampai pada acara puncak, para peserta diberikan pelatihan, dimulai sejak tanggal 3-8 Februari 2016. Pelatihan tersebut dimulai pada pagi hari dan berakhir pada malam hari. May Marlita, Ketua Divisi bidang pertolongan pertama mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja dan kegiatan tahunan dari divisi tersebut. 

“Ini merupakan program rutin kami setiap tahunnya. Ini merupakan spesialisasi pertolongan pertama pola 70 jam. Setelah para peserta dibekali dengan pelatihan, mereka akan menjadi tim pelayanan pertolongan pertama,” jelas May.

Pada kegiatan Simulasi Jalan Raya ini, terdapat 13 bab materi pertolongan pertama yang diajarkan kepada para peserta. Diki, salah seorang pelatih kegiatan simulasi ini menyampaikan bahwa di setiap materi terdapat daily test serta materi yang dinilai secara kognitif dan juga secara psikomotorik. 

"Dari materi yang kita berikan, nanti terdapat penilaian secara kognitif ataupun secara psikomotorik. Misalkan cedera patah tulang. Nanti setelah materi akan kita adakan praktek bagaimana cara penanganan pertamanya,” kata Diki.  

Diki juga menambahkan bahwa kegiatan simulasi ini diadakan agar peserta lebih paham melakukan pertolongan pertama. Ia juga harap agar para anggota dapat membantu dan menolong masyarakat, terutama keluarganya yang paling penting. [RF]

Posting Komentar

 
Top